CEK FAKTA: Hoaks Informasi Vaksin Pencegahan Virus Corona yang Siap Edar

Kamis, 26 Maret 2020 19:09 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Informasi Vaksin Pencegahan Virus Corona yang Siap Edar Ilustrasi vaksin. ©Shutterstock.com/baitong333

Merdeka.com - Sebuah foto botol kecil yang diklaim sebagai vaksin untuk mencegah penyakit Covid-19 tersebar di aplikasi percakapan WhatsApp. Dalam foto itu, terdapat Botol kecil berwarna putih dan dua bungkusan plastik bertuliskan SGTi-flex COVID-19 lgM/IgG.

Berikut salah satu narasi yang menyertai foto tersebut:

"Kabar baik Vaksin virus corona siap.

Mampu menyembuhkan pasien dalam waktu 3 jam setelah injeksi.

Angkat topi untuk ilmuwan AS.

Saat ini Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Minggu depan dan jutaan dosis sudah siap"

Penelusuran

Cek Fakta Liputan6.com berupaya memverifikasi klaim tersebut dengan melakukan penelusuran foto menggunakan Google Reverse Images.

Dari hasil penelusuran, ditemukan foto yang identik dalam artikel "Image of COVID-19 test kit shared as newly developed ‘coronavirus vaccine’ by Roche" dimuat situs altnews.in, pada 23 Maret 2020.

Dari artikel tersebut diketahui, kabar serupa tak hanya menyebar di Indonesia, tapi juga di sejumlah negara.

Dalam artikel tersebut, redaksi altnews.in menyatakan, berdasarkan penelusuran, itu bukan vaksin COVID-19 namun perangkat tes untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus corona baru pemicu COVID-19, yang diberi nama SARS-CoV-2.

Penelusuran lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui tulisan 'SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG' yang tertera dalam kemasan, dengan melakukan pencarian dengan kata kunci itu di Google Search.

Hasil penelusuran mengarah ke situs sugentech.com, yang merupakan perusahaan produsen SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG.

Foto kemasan yang sama tertera di sama. Namun, dalam keterangannya, situs tersebut sugentech.com menyebut, SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG adalah alat pengujian, bukan vaksin.

"SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG adalah perangkat tes imunokromatografi berbasis nanopartikel emas untuk menentukan antibodi IgM dan IgG COVID-19 secara kualitatif dalam darah manusia (yang diambil lewat tusukan jadi atau pembuluh vena), serum atau plasma," demikian keterangan yang menyertai gambar itu.

Situs tersebuit juga mengklaim, perangkat pengujian tersebut akurat dan mudah digunakan. Hasilnya bahkan bisa dilihat oleh mata telanjang dalam waktu 10 menit.

SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG juga diklaim memungkinkan membantu identifikasi infeksi dan mengisolasi orang tanpa gejala tetapi diduga COVID-19.

Klaim dalam pesan yang menyebar di WhatsApp, dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, menyebut bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Minggu depan dan jutaan dosis sudah siap.

Klaim tersebut sebelumnya pernah diverifikasi Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel "Cek Fakta: Hoaks Trump Umumkan Jutaan Dosis Vaksin Corona Covid-19 Siap Diluncurkan" yang dimuat,pada 18 Maret 2020.

Kesimpulan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengumumkan bahwa jutaan dosis vaksin virus corona atau COVID-19 siap diluncurkan adalah tidak benar.

Fakta sebenarnya, Trump mengumumkan kemitraan dengan sektor swasta untuk meningkatkan kapasitas tes atau pengujian Virus Corona Covid-19.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada vaksin COVID-19 yang siap edar dan telah melalui uji klinis. Semuanya masih dalam tahap pengujian.

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai obat pencegahan virus corona yang siap edar adalah tidak benar. Produk bertuliskan SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG dalam foto tersebut merupakan perangkat tes (tes kit) untuk mendeteksi keberadaan COVID-19 di dalam tubuh manusia. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini