CEK FAKTA: Corona Tak Menyebar Lewat Tatapan Mata

Selasa, 4 Februari 2020 18:58 Reporter : Supriatin
CEK FAKTA: Corona Tak Menyebar Lewat Tatapan Mata Ilustrasi mata. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Salah satu informasi berkembang di masyarakat akhir-akhir ini adalah virus corona bisa menyebar lewat tatapan mata. Anggapan tersebut muncul usai seorang pakar mengatakan bahwa virus tersebut bisa menginfeksi lewat mata.

Penelusuran

Dokter Spesialis Paru RS Universitas Indonesia, Raden Rara Diah Handayani membantah informasi tersebut.

"Jadi sebenarnya bukan kontak mata. Virus itu masuk kalau bagian mata, kita sebut mukosa, terbuka," katanya di RSUI, Depok, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Diah menjelaskan, virus corona masuk ke dalam tubuh melalui celah yang terbuka. Misalnya area bawah mata atau dikenal dengan mukosa.

"Misalnya begini, di tangan kita ada nih virus corona, kita kucek-kucek mata. Nah mata ada yang terbuka kan, memang dia mukosa yang terbuka," terangnya.

Hal senada diungkapkan Endang Budi Hastuti, Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dia mengatakan, virus corona tidak menular lewat tatapan mata.

"Pernah dengar tidak? Itu juga ada. Jadi makanya disarankan pakai masker yang sampai menutupi mata. Tapi bukan seperti itu, tidak menular melalui tatapan mata," kata Endang seperti dilansir Liputan6.com.

Walaupun begitu, Endang mengatakan bahwa mata tetap menjadi bagian tubuh yang rentan untuk menjadi tempat masuknya virus.

"Kalau kita kucek-kucek mata saat tangannya kotor, terkontaminasi, bisa menular juga ke orang lain. Jadi bukan tatapannya," kata Endang.

Maka dari itu, untuk mencegah penyakit masuk lewat mata, hindari mengucek mata dengan tangan yang kotor. Selain itu, jagalah kebersihan bagian tubuh tersebut dengan rutin mencucinya menggunakan air dan sabun.

Kesimpulan

Virus Corona tidak menyebar melalui tatapan mata. Bukan tatapannya, tapi jika ada aktivitas terhadap mata dari orang yang terkontaminasi. Sebab mata tetap menjadi bagian tubuh yang rentan untuk menjadi tempat masuknya virus. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini