5 Artis Ini Mengaku Mengidap Disleksia

Rabu, 8 Januari 2020 05:00 Reporter : Astri Agustina
5 Artis Ini Mengaku Mengidap Disleksia tamara bleszynski. instagram @tamarableszynskiofficial ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Secara terang-terangan, para artis ini mengaku mengidap disleksia. Disleksia sendiri merupakan gangguan proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis atau mengeja.

Penderita disleksia biasanya akan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan serta mengubahnya menjadi kalimat. Meski begitu, penyakit ini tak memengaruhi tingkat kecerdasan.

Dilansir dari Brilio.net, berikut lima artis yang mengaku mengidap disleksia. Terbaru ada Tamara Bleszynski yang mengakui hal tersebut di laman instagramnya.

1 dari 5 halaman

Tamara Bleszynski

Pada akun instagramnya, Tamara membeberkan fakta bahwa ternyata ia mengidap disleksia. Tamara sulit membaca dengan benar dan sulit mengingat urutan alfabet.

"Aku dulu punya kesulitan utk membaca yg benar, karena huruf2 seperti menari2 bagiku. E menjadi G, A menjadi B dll..dan susah bagiku utk mengingat urutan alphabet yg simpel. Karena huruf2 menari2 dlm ingatanku, berbeda dgn tulisannya..walau sdh pakai kaca mata. Tapi semangatku utk mengingat semua naskah, lebih besar dari kekuranganku #dislexia #perjuangan #seniperan #tamarableszynski," kata Tamara di instagram.

2 dari 5 halaman

Deddy Corbuzier

Artis Tanah Air yang juga membuat pengakuan bahwa dirinya menderita disleksia adalah Deddy Corbuzier.

"Saya lahir dengan disleksia. Saya sempat tidak naik kelas dua kali berturut-turut karena saya enggak ngerti apa yang guru saya ajarkan," ucapnya dalam salah satu video di Channel YouTube-nya.

3 dari 5 halaman

Tom Cruise

Aktor ternama Hollywood yakni Tom Cruise juga mengidap disleksia. Ia menyadari bahwa dirinya pengidap disleksia sejak berusia tujuh tahun.

Saat Cruise mulai gemar dunia akting di usia 19 tahun, Cruise menyadari jika ketidakmampuannya membaca menahan kariernya. Ia pun mengadopsi metode pembelajaran L. Ron Hubbard.

4 dari 5 halaman

Keira Knightley

Keira Knightley juga mengidap disleksia. Bintang film Pirates of The Carribean ini didiagnosa mengidap disleksia sejak usia enam tahun.

Mengetahui penyakitnya itu, Keira justru bersemangat dan mendapatkan nilai terbaik semasa sekolah dulu.

5 dari 5 halaman

Keanu Reeves

Keanu Reeves tak berhasil menamatkan pendidikannya karena mengidap disleksia.

"Karena saya memiliki masalah membaca, saya tidak bisa jadi murid yang baik. Saya tidak dapat menyelesaikan sekolah menengah atas. Saya banyak berpura-pura sebagai anak kecil. Itulah cara saya mengatasi kenyataan dalam diri saya sendiri," ucapnya, dikutip dari Psychology Degree. [end]

Baca juga:
Ketika Disleksia Membuat Miliarder Ini Menjadi Kaya
Disleksia bikin bingung? Ini dia penjelasannya
Tak disangka! 5 Seleb ini ternyata penderita disleksia
Mahasiswa UGM bikin aplikasi pembelajaran untuk disleksia
Derita disleksia, seniman ini berhasil menginspirasi dunia
Disleksia: Penyebab dan gejalanya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini