10 Manfaat ciuman bagi kesehatan

Reporter : Rizqi Adnamazida | Jumat, 8 Februari 2013 22:38




10 Manfaat ciuman bagi kesehatan
Ilustrasi ciuman. ©shutterstock.com/pat138241

Merdeka.com - Ciuman bukan cuma menyenangkan, tetapi juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak percaya? Simak saja manfaat ciuman bagi kesehatan seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

Memperkuat ikatan
Entah itu mencium bayi atau kekasih, ciuman memberikan sensasi keintiman yang mampu memperkuat ikatan batin antara dua orang. Sebab ketika berciuman, oxytocin yang merupakan hormon cinta dihasilkan oleh tubuh.

Meningkatkan gairah seksual
Ciuman adalah aktivitas intim yang paling ampuh dilakukan untuk memanaskan suasana foreplay. Sebab ciuman mampu meningkatkan gairah seksual pasangan, sehingga keduanya akan menikmati seks yang menyenangkan.

Melawan penyakit
Sehubungan dengan poin kedua, ciuman yang mengarah pada aktivitas seksual ternyata memberi manfaat kesehatan yang menakjubkan bagi tubuh. Sebab seks teratur mampu memperkuat sistem imun sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Pernikahan lebih bahagia
Semakin sering berciuman dengan pasangan, semakin mesra hubungan pernikahan Anda dengan si dia. Selain itu, mencium juga membuat tubuh menyalurkan informasi sistem imun masing-masing orang. Sehingga ikatan biologis antara Anda dan pasangan pun akan semakin kuat.

Memperbaiki suasana hati
Mencium seseorang membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin, yang akhirnya mampu memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Jadi ketika bersedih, cobalah untuk mencium orang tua, teman, atau pasangan agar Anda bisa cepat kembali ceria.

Mengurangi rasa sakit
Rasa sakit juga bisa berkurang dengan cara berciuman. Sebab selain endorfin, tubuh juga mengeluarkan hormon adrenalin yang mampu mengurangi rasa sakit. Jadi segera cium pasangan ketika sakit, si dia pasti akan cepat sembuh.

Menurunkan stres
Seberapa sering Anda merasa begitu lelah dan depresi setelah menjalani aktivitas sepanjang hari? Salahkan semuanya pada hormon cortisol. Tetapi kadar hormon cortisol yang memicu stres bisa diturunkan jika Anda berciuman.

Membakar kalori
Memang berciuman tidak akan membuat kalori terbakar sama banyaknya ketika Anda berlari maraton. Namun setidaknya sistem metabolisme akan bekerja dua kali lebih cepat ketika Anda berciuman.

Senam wajah
Selain membakar kalori, ciuman juga merupakan bentuk senam wajah. Jika dilakukan secara rutin, wajah tentu akan tampak lebih bersinar karena peredaran darah di daerah tersebut sangat lancar karena ciuman.

Hiburan yang menyenangkan
Terakhir, ciuman bisa dikatakan sebagai sebuah hiburan bagi diri sendiri yang menyenangkan. Lagipula, ada banyak sekali teknik berciuman yang bisa Anda lakukan. Jadi jangan ragu mencoba semuanya untuk semakin merasakan kesenangan yang tidak ada habisnya.

Itulah berbagai manfaat kesehatan dari berciuman. Hari ini Anda sudah mencium siapa saja?

[riz]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Hatta nilai pimpinan DPR tandingan justru ganggu pemerintah
  • Ketua DPRD DKI kecewa lihat Kadis PU banyak omong
  • Akhirnya, tampilan dari karakter TERMINATOR: GENISYS terungkap!
  • Deteksi penyakit kulit eksim hanya dengan selfie
  • Vettel: Red Bull tahan kepergian saya ke Ferrari
  • Para calon ketum Golkar desak Munas paling lambat Januari 2015
  • Terancam dipecat Ahok, Kadis PU DKI berjanji kerja keras
  • PDIP minta menteri tak ke DPR, pimpinan enggan tanggapi serius
  • Isuzu andalkan MU-X di POS 2014
  • Pidato di depan dewan PBB, ini perasaan Emma Watson
  • SHOW MORE