Hantu paling otentik dalam bidikan kamera di dunia

Reporter : Islahudin | Minggu, 9 September 2012 10:38




Hantu paling otentik dalam bidikan kamera di dunia
Hantu di kamera. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejak ditemukannya kamera pada abad ke-16, publik sudah mulai mengabadikan apapun yang dianggap menarik. Tidak hanya menangkap citra keindahan alam, hewan, dan manusia, kini kamera bahkan digunakan untuk menangkap foto-foto hantu.

Perkembangan dunia fotografi makin mutakhir saat ini berimbas pada jumlah hantu yang tertangkap kamera kian banyak. Namun, dari sekian banyak yang dipublikasikan selama ini kadang tidak sepenuhnya benar. Kadang merupakan hasil rekayasa menggunakan aplikasi olah gambar digital.

Dalam laporan dailycognition.com pada 2008, dalam tangkapan kamera tidak sedikit hasil bidikan fotografer dengan tidak sengaja menangkap sosok hantu. Menurut laporan itu, mereka tidak menyebutkan alasan kenapa kamera bisa merekam sosok hantu.

Laporan itu menampilkan foto-foto yang menunjukkan hantu yang terekam kamera dan dianggap nyata.

Foto berjudul "The Lady Brown" dianggap sebagai bukti paling baik dalam hal menangkap citra hantu dengan kamera. Foto hasil bidikan fotografer Indre Shira diambil pada September 1936. Lokasi pengambilan foto berada di bekas rumah bangsawan Inggris di Norfolk, Inggris. Sosok hantu dalam foto itu adalah perempuan yang ditutupi kain dan sedang menuruni tangga kayu.

Saat itu Indre Shira melakukan sesi pemotretan rumah untuk majalah Country Life. Saat pemotretan, dia tidak menyangka akan mendapatkan gambar hantu itu. "Mulanya seperti uap air, perlahan terlihat seperti perempuan yang berjubah," ujar Indre.

Thurston Hopkins, salah satu fotografer terbaik Inggris mempelajari dan meneliti keotentikan foto itu. "Mungkin ini adalah foto hantu paling asli yang kita miliki dan tidak ada referensi supranatural yang lengkap untuk itu," kata Thurston .

Lain halnya buat kamera video. Alat penangkap citra bergerak itu dapat menangkap sosok hantu yang dianggap otentik dalam bentuk video. Rekaman paling baru adalah saat sosok hantu tertangkap di sebuah kafe di Perth, Australia.

Dan Clifford, pemilik kafe itu sudah merasa curiga dengan keberadaan hantu di dalam kafenya, seperti dilaporkan situs dailyrecord.co.uk awal Juli lalu. Hal itu dia ketahui saat melihat sebuah bayangan bergerak melewati salah satu meja di dalam kafenya. Mulanya dia mengira ada orang penyusup masuk ke tempatnya.

Dan Clifford semakin yakin dengan keberadaan hantu itu setelah mendengar laporan dari para pelayan kafenya. "Mereka mendengar suara-suara dan kursi yang bergerak sendiri," kata Dan. Dia menambahkan dari penjelasan para pelayan kafenya, hantu yang berada di salah satu pojok kafenya itu bersosok perempuan.

Buat membuktikan itu, dia kemudian memeriksa rekaman kamera pengawas (CCTV) kafenya. Dia lalu melihat sebuah bayangan putih tertangkap kamera pada tengah malam. Saat itu kafenya sudah tutup.

Hasil rekaman itu kemudian dia beritahukan kepada komunitas paranormal dan pemburu hantu Skotlandia. Juru bicara komunitas itu menyebut akan adanya hantu dalam ruangan kafe itu. "Ini adalah gambar hantu paling meyakinkan dalam satu dekade terakhir," ujar juru bicara lembaga itu. Mereka berencana bakal kembali memantau secara langsung hantu dalam ruangan itu.

Dengan makin canggihnya teknologi kamera saat ini. Tidak mengherankan makin banyak jumlah video dan gambar yang menampilkan hantu di dalamnya. Hingga saat ini, masih banyak kalangan yakin akan hal itu. Tetapi tidak sedikit yang mencemooh keberadaan foto dan video menampilkan dan mengklaim menangkap hantu. Terserah Anda percaya atau tidak.

Tumbal, cara kaya menjual nyawa pada setan
Cerita mistis menjelang pemakaman Soeharto
4 Cerita mistis bikin geger sepanjang 2012

Mengungkap bekas 'gedung setan' di Jakarta
Paranormal ambil 53 paku di kepala pemuda yang disantet
Kisah sopir angkot disesatkan tiga hantu cantik
Begu Ganjang, hantu panjang pencabut nyawa
Leak, mitos makhluk jadi-jadian di Bali
Cerita hantu yang eksis di bidikan kamera warga

[dan]

KUMPULAN BERITA
# Mistis

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Suku Anak Dalam tuntut dana Rp 1,6 M dari PT Asiatic Persada
  • Agung: Pernyataan Muhaimin cambuk bagi kami
  • PDIP sebut pertemuan Jokowi-Hatta sinyal positif kerjasama
  • Lestarikan seni dan budaya, IPB gelar kontes ayam ketawa
  • Hanura sebut pertemuan Jokowi dan Hatta tanda rekonsiliasi
  • Agung Laksono siap jika Munas Golkar digelar 2015
  • Tim Transisi Jokowi akan temui Boediono bahas kenaikan BBM
  • Syarief Hasan sebut Koalisi Merah Putih bagian Demokrat
  • Tantowi: Hatta ketemu Jokowi karena mau ke luar negeri sebulan
  • SBY curhat awal mula tergoda buat akun Twitter dan Facebook
  • SHOW MORE