Tangkal Dampak Virus Corona, Pemerintah Diskon Pajak Perusahaan 30 Persen

Jumat, 13 Maret 2020 10:50 Reporter : Merdeka
Tangkal Dampak Virus Corona, Pemerintah Diskon Pajak Perusahaan 30 Persen Konpers Stimulus Fiskal Tangkal Virus Corona. ©2020 Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Pemerintah akan mengeluarkan Stimulus Fiskal Jilid II guna menangkal dampak ekonomi akibat wabah virus corona yang telah menyebar di Indonesia. Insentif baru itu berupa keringanan bagi Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 22, PPh 25, serta percepatan restitusi pajak pertambahan nilai (PPN).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dalam stimulus kedua ini, pemerintah akan memberikan keringanan beban untuk PPh pasal 22 impor yang berlaku pada 19 sektor pengolahan.

Kedua, relaksasi pajak penghasilan korporasi atau PPh 25. Iuran bulanan diberikan potongan sebesar 30 persen.

"Ketiga, relaksasi restitusi pajak pertambahan nilai (PPN) untuk industri orientasi ekspor, ini berlaku 6 bulan," ujarnya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3).

Keempat, pemerintah akan menanggung berbagai pajak penghasilan karyawan dalam kurun waktu 6 bulan. Dia menambahkan, segala kemudahan yang diberikan dalam Stimulus Jilid II ini termasuk relaksasi pajak penghasilan akan bisa menaikkan atau menjaga daya beli.

"Agar menjaga daya beli masyarakat (saat virus corona), pemerintah mengeluarkan Stimulus Jilid II. Pertama PPh 21 untuk karyawan yang ditanggung pemerintah untuk 6 bulan," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Pemerintah Bakal Masih Keluarkan Stimulus Lain

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjabarkan, stimulus kedua ini diberikan guna menyikapi perkembangan dampak Covid-19 terhadap perekonomian. Dia pun membuka kemungkinan jika ke depannya pemerintah akan memberikan relaksasi lainnya.

"Ini bukan pengumuman terakhir, karena risiko dan perkembangan dunia terus dinamis. Kita selalu terbuka dan menyiapkan instrumen untuk meminimalkan dampak, baik pada sektor pengusaha maupun pada masyarakat," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
JK Tegaskan Pembersihan Masjid Langkah Antisipasi Cegah Virus Corona
Istri PM Kanada Justin Trudeau Dinyatakan Positif Tertular Virus Corona
Gara-gara Virus Corona, 7 Artis Dunia Ini Batalkan Konser
OJK Sebut Penurunan IHSG Imbas Virus Corona Turut Terjadi di Pasar Modal Dunia
Tangkal Dampak COVID, BI Turunkan Rasio GWM Valas Menjadi 4 Persen per 16 Maret
Cegah Corona, Jokowi Tinjau Penyemprotan Disinfektan di Masjid Istiqlal
Antisipasi Corona, JK Hadiri Gerakan Semprot Disinfektan 10 Ribu Masjid

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini