Tampilan Baru Uang Rupiah Kertas Lebih Sulit Dipalsukan

Kamis, 18 Agustus 2022 09:42 Reporter : Merdeka
Tampilan Baru Uang Rupiah Kertas Lebih Sulit Dipalsukan 7 uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, mengatakan, tampilan baru 7 pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi (TE) 2022 memiliki inovasi baru, agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan.

Selain itu, tampilan baru ini lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik," kata Perry di Jakarta, Kamis (18/8).

7 uang rupiah kertas tahun emisi 2022
©2022 Merdeka.com

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

Bagi masyarakat yang ingin memiliki uang rupiah ini, pemesanan penukaran bisa dilakukan melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

"Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal 19 Agustus 2022. Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah ditetapkan Pemerintah," ujar Perry.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
BI Luncurkan Tampilan Baru 7 Uang Rupiah Kertas
Luhut Soal Utang Asing RI Turun: Ketika Ada Masalah di Dunia, Kita Bisa Jaga Rupiah
Sri Mulyani: Pelemahan Rupiah Masih Lebih Baik Dibanding Malaysia dan India
Rupiah Menguat ke Rp14.866 per USD Usai AS Memasuki Resesi
Rupiah Kembali Melemah ke Rp15.000 Menanti Pengumuman Suku Bunga The Fed
Pengusaha Khawatir Pelemahan Rupiah Bikin Biaya Produksi Mahal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini