Sri Mulyani Minta Mahasiswa Gunakan Medsos Tingkatkan Literasi Keuangan

Minggu, 14 Juli 2019 15:00 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Sri Mulyani Minta Mahasiswa Gunakan Medsos Tingkatkan Literasi Keuangan Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di hadapan mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) meminta agar mereka dapat menggunakan sosial media (sosmed) dengan bijak. Dia juga ingin mahasiswa memposting hal-hal berbau literasi keuangan khususnya pengelolaan uang negara agar dapat diketahui oleh masyarakat luas.

"Jadi gunakanlah medsos bukan hanya promosi diri sendiri, tapi juga duta besar keuangan negara. Memberikan literasi soal keuangan negara," kata dia dalam acara Dies Natalis PKN STAN, Jakarta, Minggu (14/7).

Dia menyebutkan, melalui sosial media, mahasiswa selaku generasi muda dapat menyebarluaskan soal pengelolaan keuangan negara yang mereka pelajari di bangku kuliah.

Dia menilai, anak muda jaman sekarang dalam kesehariannya tak luput dari kehidupan bersosial media. Hal tersebut dapat menjadi peluang untuk mengamalan ilmu yang mereka pelajari sebelum nantinya menjadi abdi negara yang bakal berkutat dengan pengelolaan keuangan negara.

Menurutnya, literasi keuangan yang dilakukan oleh anak muda menjadi penting mengingat masih banyak masyarakat Indonesia yang belum akrab dengan persoalan tentang pengelolaan keuangan negara. Padahal, keuangan negara itu mencakup banyak hal bukan hanya soal pengelolaan utang, tapi juga investasi, penerimaan negara dari pajak hingga bea cukai, investasi, hingga penggunaan penerimaan dalam belanja negara.

"Banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu tentang pengelolaan keuangan negara," keluhnya.

Sebagai institusi pendidikan yang berada di bawah Kementerian Keuangan, dia menegaskan PKN STAN pelu memberi peran yang baik bagi negara. "Mulai dari anda masuk PKN STAN, artinya sudah resmi jadi bagian dari negara Indonesia. Jangan khianati itu," tutupnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini