Sri Mulyani Dorong Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

Sabtu, 12 Oktober 2019 14:33 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Sri Mulyani Dorong Kesetaraan Gender di Tempat Kerja Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/anggun situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menegaskan kesetaraan gender di tempat kerja perlu terus diupayakan. Salah satunya yaitu melalui kebijakan yang inklusif dan adil, antara laki-laki dan perempuan.

"Itu kan sesuatu yang perlu terus diupayakan dari hulu sampai ke hilir, kalau kita bicara gender equality di tempat kerja," Kata dia di Depok, Sabtu (12/10).

Menurut dia, isu kesetaraan gender ini sebenarnya tidak begitu terlihat di level bangku sekolah hingga universitas. Sebab, perempuan pun juga bisa bersaing dan mencapai level pendidikan yang tinggi.

"Bahkan (perempuan) lulus dengan prestasi yang bagus," ungkapnya.

Sayangnya, ketika memasuki dunia kerja dan memiliki keluarga, perempuan kerap berada dalam fase bekerja dan tugas sebagai ibu rumah tangga, hamil, memiliki dan mengasuh anak. Situasi ini menjadi beban tersendiri bagi seorang perempuan.

"Beban biologis saat hamil, miliki anak, itu menyebabkan mereka perlu mendapatkan support karena kalo tidak mereka akan drop out, karena mereka harus susui anak, jaga anak," ujar ibu dari tiga orang anak ini.

Karena itu, kebijakan afirmatif di lingkungan kerja pun perlu diberikan. Dengan begitu perempuan dapat menjalani karir serentak menjadi ibu rumah tangga.

"Kita bisa beri lingkungan yang fair antara perempuan dan laki. Saya rasa kalau kita terus lakukan itu, kita bisa berikan pemihakan, balance antara laki dan perempuan akan lebih besar," tandasnya. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini