Setelah menikah masih punya gaji kecil, ini cara mengelolanya

Minggu, 13 Agustus 2017 08:00 Reporter : Saugy Riyandi
Ilustrasi pernikahan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah menikah kebutuhan terasa makin banyak seperti kebutuhan hidup, rencana beli rumah, mobil, dan siapkan dana pendidikan anak-anak. Bagi pekerja kantoran, naik gaji jadi keinginan. Padahal mengelola gaji jauh lebih penting dari itu.

Saat seseorang masih memiliki status lajang, gaji pas-pasan mungkin saja belum menjadi persoalan. Namun, saat seseorang telah menikah dan kebutuhan semakin banyak, maka persoalan gaji jadi yang kecil jadi masalah serius.

Pada dasarnya, setiap orang perlu melakukan perencana keuangan yang baik agar gajinya tidak terhambur sia-sia. Gaji kecil bukan berarti tidak bisa memenuhi kebutuhan, sementara gaji besar bukan berarti semua masalah keuangan teratasi. Semua kembali kepada orang yang mengelolanya.

Meskipun seseorang mendapatkan gaji besar, apabila kurang pandai mengaturnya, bisa saja tidak mendapatkan apa-apa alias gaji hanya numpang lewat saja. Ketika harus menghadapi kenyataan gaji yang kecil, ini cara atur keuangan rumah tangganya seperti dilansir cekaja.com.

1. Rencanakan belanja bulanan

Sebelum pergi belanja bulanan, catat dengan teliti apa saja yang perlu dibeli. Setelah berada di tempat belanja, usahakan taat pada catatan sehingga tidak melirik barang-barang di luar daftar yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Mau tahu lagi? coba cek halaman berikutnya. [sau] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. Tips Keuangan
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.