Selesaikan polemik Freeport, ESDM terbangkan tim menuju Papua

Rabu, 8 Maret 2017 17:51 Reporter : Syifa Hanifah
Selesaikan polemik Freeport, ESDM terbangkan tim menuju Papua PT Freeport. ©Reuters

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Teguh Pamudji, mengatakan pemerintah akan mengirimkan tim menuju lokasi pertambangan PT Freeport Indonesia di Papua. Tim akan menemui Gubernur Papua untuk membahas strategi menyelesaikan polemik dengan perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat tersebut.

"Semuanya akan kami bawa dan disampaikan untuk Freeport. Nanti malam akan berangkat ke Papua bersama tim, dan akan bicara dengan Pak Gubernur," katanya di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (8/3).

Pemerintah, lanjutnya, tetap mementingkan kesejahteraan rakyat Papua dalam menyelesaikan polemik kontrak dengan PT Freeport. Dalam waktu 120 hari, akan dilakukan perundingan secara maksimal agar masyarakat Papua tidak menjadi korban.

"Pemerintah tengah mengadakan pembicaraan dengan Freeport. Kami tidak melihat kepentingan Freeport, tapi kepentingan Papua secara keseluruhan," tuturnya.

Sementara itu, sesuai arahan Menteri ESDM Ignasius Jonan semua aspirasi dan tuntutan dari masyarakat Papua akan di tindaklanjuti oleh pemerintah.

"Kami memang ditugaskan Pak Menteri untuk mendengarkan. Tentunya perasaan kami tercampur aduk, ada rasa sedih, marah, dan kepingin diselesaikan bersama. Tentunya apa yang jadi keluhan maupun tuntutan bapak dan ibu sekalian kami akan menindaklanjuti," tutupnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini