KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

PU-Pera catat hanya 15 persen truk masuk jalan tol

Minggu, 13 Agustus 2017 19:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ilustrasi jalan tol luar negeri. dailymail.co.uk ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Arie Setiadi Moerwanto mengatakan tak hanya jalan tol, pihaknya juga tetap melakukan perbaikan dan pembenahan jalan nasional atau jalur non tol.

Sebab, meski pemerintah telah membangun jalan tol untuk menyambungkan berbagai daerah di Indonesia, namun masih banyak truk yang memilih untuk melewati jalur non tol.

"Jadi kami prediksi dulu 40 persen sampai 60 persen angkutan logistik akan pindah ke jalan tol, tapi sekarang tidak. Hanya 15 persen," kata Arie di Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (13/8).

Menurutnya, hal ini dikarenakan masih banyak truk yang belum sesuai standar untuk bisa melewati jalan tol, seperti tipe barang logistik yang dibawanya, dan juga karena jalan tol yang belum tersambung.

Dia menambahkan, jalur non tol tak kalah pentingnya dengan jalan tol. Sebab, resiko terjadinya kecelakaan lebih banyak berada di jalur non tol, sehingga keamanan di jalur ini harus terus diperhatikan.

"Kaitannya dengan motor. Motor itu kan tidak masuk jalan tol. Dia masuk jalan nasional dan kecelakaan terbesar itu kan disumbangkan oleh motor. Jadi jalan nasional kita juga harus bagus," imbuhnya.

[idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.