Pilot Lion Air Pastikan Selalu Patuhi Panduan Keselamatan Saat Terbang

Sabtu, 1 Desember 2018 20:30 Reporter : Kirom
Pilot Lion Air Pastikan Selalu Patuhi Panduan Keselamatan Saat Terbang Pilot Lion Air. ©2018 humas lior air

Merdeka.com - Pilot Lion Air memastikan menjunjung tinggi aspek keselamatan tiap saat bekerja. Pilot menegaskan selalu tunduk dan patuh terhadap aturan penerbangan, terutama pada sisi keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Kami dididik nomor satu itu keselamatan, safety dalam dunia penerbangan. Mulai dari awal keberangkatan hingga sampai tempat tujuan," kata Pilot Senior Lion Air, Kapten Rusmanur Effendy, di Gedung Simulator, Selapajang, Tangerang, Sabtu (1/12).

Hal ini mengacu pada kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Menurutnya, pilot selalu bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP). Tak hanya pada kondisi pilot, sisi keselamatan dan keamanan penerbangan juga diperhatikan salah satunya kesehatan pesawat.

Pilot, lanjut Rusmanur, tidak akan memaksakan diri untuk terbang jika mengetahui kondisi pesawat yang akan diterbangkan memiliki masalah. "Kami baru sampai di atas pesawat pasti melakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat. Kalau memang ternyata tidak laik, maka akan ganti pesawat atau bahkan tidak akan terbang sama sekali," kata dia.

Dengan memenuhi standard keamanan dan keselematan yang telah diatur itu, secara tidak langsung, membantah kabar palsu yang selama ini berhembus di masyarakat baik melalui media sosial ataupun pemberitaan, mengenai pesawat Lion Air dan krunya, tidaklah benar.

Rusmanur coba meyakinkan bila semua kondisi pesawat, baik pesawatnya itu sendiri ataupun krunya, terlebih pilotnya, sudah sesuai prosedur sebelum diterbangkan. "Kegiatan kami dari mulai lepas landas sampai mendarat lagi itu terpantau oleh tim audit dan data analisis, bila kami bandel saja terditeksi dan itu sangat berpengaruh," ucap Rusmanur.

Bahkan sebelum terbang, seorang pilot dan awak kabin harus melakukan serangkaian pemeriksaan. Seperti kesehatan lengkap. "Kami juga harus tiba di bandara dua jam sebelum penerbangan, pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah dan sebagainya, tes narkoba dan juga harus terbebas dari pengaruh minuman keras. Jadi sebelum terbang saja sudah ketat bagi kami menjalani prosedur," ucapnya.

Kemudian, pilot Lion Air akan mengisi semua dokumen keberangkatan. Termasuk diberikan catatan cuaca di bandara keberangkatan, selama perjalanan hingga sampai tujuan. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini