Petuah Orang Terkaya Dunia: Jangan Bekerja Berorientasi Uang untuk Bahagia

Rabu, 22 Mei 2019 06:00 Reporter : Merdeka
Petuah Orang Terkaya Dunia: Jangan Bekerja Berorientasi Uang untuk Bahagia Orang Terkaya Tim Cook. © Mashable.com

Merdeka.com - Salah seorang orang terkaya yang juga CEO Apple, Tim Cook, memberikan beberapa saran bagi para anak muda agar tidak terobsesi hanya kepada uang saja saat bekerja. Menurutnya, orientasi uang membuat hidup Anda takkan bahagia.

"Saran saya kepada Anda semua, jangan bekerja demi uang karena ini akan membuat uang itu cepat habis hingga Anda tidak pernah merasa cukup dan tidak bahagia," ujarnya seperti dikutip dari laman CNBC.

Miliarder dengan kekayaan mencapai USD 400 juta ini berpendapat, seseorang harus bisa mencari sesuatu yang membuat mereka begitu bersemangat. Jika tidak berhasil menemukan hal itu, maka orang tersebut tidak dapat bahagia seumur hidupnya.

Untuk itu, miliarder ini menyarankan agar pemuda bisa mencari pekerjaan yang disukainya dibanding harus mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Karena dengan begitu mereka tidak akan berat menjalaninya meskipun tugas yang sedang dia kerjakan memang sungguh sulit.

Ternyata saran ini, sudah terlebih Cook terapkan dan hasilnya sungguh luar biasa. Dia mendapatkan gaji yang begitu baik dengan mengerjakan hal yang dia sukai.

Hal tentang uang dan kebahagiaan juga pernah diungkapkan oleh Warren Buffett. Sebagai orang terkaya keempat di dunia, tentunya membuat banyak orang mengira jika uang banyak yang dimiliki Warren Buffett adalah sumber utama kebahagiaannya.

Namun, hal ini dibantah miliarder dengan total kekayaan bersih mencapai USD 90,1 miliar tersebut. Baginya kesuksesan keuangannya bukan jadi akar kebahagiannya.

Menurut dia, kebahagiaan baginya yaitu saat ia begitu menikmati pekerjaannya dan bekerja dengan orang-orang yang dicintainya.

"Saya tidak bisa membeli waktu, saya juga tidak bisa membeli cinta tetapi saya bisa melakukan hal lain dengan uang, cukup banyak. Dan mengapa saya tetap dapat bangun setiap hari dan melompat dari tempat tidur di usia 88 tahun saat ini? Itu karena saya mencintai apa yang saya lakukan dan mencintai orang-orang yang melakukannya dengan saya, " ujar Buffett.

Salah satu orang terkaya dunia ini merasa uang hanya memberikan kebahagiaan yang semu baginya. Baginya, rumahnya di Berkshire Hathaway merupakan istana kebahagiaan karena dia dapat bersenang-senang bersama keluarganya di rumah itu hingga Buffett meninjak usia 88 tahun.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini