Pesan Darmin Nasution untuk Airlangga, Menko Perekonomian Baru

Rabu, 23 Oktober 2019 18:03 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pesan Darmin Nasution untuk Airlangga, Menko Perekonomian Baru Sertijab Menko Perekonomian. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan serah terima jabatan Menteri Perekonomian dari Darmin Nasution kepada Airlangga Hartarto yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Airlangga sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada Pemerintahan Jokowi-JK.

Dalam kesempatan tersebut, Darmin mengisahkan tentang berdirinya Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kepada Airlangga. Dia mengatakan, kantor ini lahir sejak masa orde baru dan telah berhasil menelurkan langkah-langkah besar sepanjang republik ini.

"Jadi Pak Airlangga selamat datang, saya sangat yakin bahwa Pak Airlangga bisa sangat cepat menyesuaikan diri dari Kementerian teknis, kementerian perindustrian yang bicaranya industri-industri melulu," kata Darmin dalam sambutannya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (23/10).

Dia juga mengingatkan kepada Airlangga bahwa sebagai Menko Perekonomian memerlukan ajudan yang substantif yang bisa mengingatkan segala agenda yang akan dijalankan. Apalagi, sebagai menko harus membawahi sekiranya 10 kementerian lembaga terkait

"Sehingga barangkali ada bagusnya punya ajudan yang substantif. Supaya kemudian bisa mengingatkan bukan hanya event tetapi juga substansi-substansi yang jangan sampai terlewatkan," jelas dia.

Di akhir sambutannya, Mantan Direktur Jenderal Pajak itu kemudian menyinggung kedekatannya kepada Airlangga. Darmin mengaku kenal Airlangga jauh sejak berteman dengan ayahnya yakni Hartarto.

"Ada satu yang menarik, saya dulu masuk ke pemerintahan itu dulu ikut bapaknya Airlangga. Namanya Insinyur Hartarto. Saya cukup lama itu ikut beliau barangkali ya 5 tahun lah. Sekarang saya menerima anaknya Pak Hartarto. Selamat datang di kantor menko, selamat bekerja, selamat bertugas untuk negara," jelas dia.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga menyampaikan terima kasih atas serah terima jabatan yang diberikan kepada dirinya. Terlepas dari itu, dirinya juga menginginkan agar mantan Menko Darmin yang lama tetap memberikan bimbingannya.

"Dan tentu saya dan istri saya mohon bimbingan. Pada kesempatan ini kami ajak seluruh bapak ibu menteri di bawah koordinasi kemenko meningkatkan komitmen kita sesuai dengan presiden," jelas dia. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini