Perpanjangan Masa PNS Kerja dari Rumah Tergantung Masing-Masing Kepala Daerah

Senin, 30 Maret 2020 14:31 Reporter : Merdeka
Perpanjangan Masa PNS Kerja dari Rumah Tergantung Masing-Masing Kepala Daerah Menpan RB Tjahjo Kumolo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) resmi memperpanjang masa bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga 21 April 2020. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran KemenPAN RB Nomor 34 Tahun 2020.

MenPAN RB, Tjahjo Kumolo, menyampaikan bahwa kebijakan tersebut tidak serta merta bisa diterapkan di semua daerah. Tergantung kondisi persebaran covid-19 di masing-masing daerah.

"Untuk daerah diserahkan kebijakannya kepada kepala daerah. Tidak otomatis semua sama mencermati gelagat perkembangan penyebaran virus covid-19 yang ada di tiap-tiap daerah," jelasnya dalam video konferensi, Senin (30/3).

Menurutnya, untuk daerah dengan tingkat penyebaran virus corona relatif rendah tidak perlu untuk menambah masa WFH. Namun tetap diingatkan untuk jaga jarak. "Menyerahkan kebijakan itu kepada kepala daerah. Apakah daerahnya sudah masuk zona merah atau belum," ujarnya.

1 dari 1 halaman

PNS Diminta Tidak Mudik

tidak mudik

Menteri Tjahjo juga mengingatkan kepada masyarakat, khususnya ASN, untuk tidak mudik dalam rangka memutus rantai persebaran covid-19 ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri terkait rencana pembatasan mudik Lebaran 2020. Rapat melalui video konferensi ini masih belum menemukan titik temu.

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi meminta aturan pembatasan dikaji dalam waktu 2 hari. Presiden Jokowi meminta pihak terkait untuk mengkaji kembali cara memitigasi dampak ekonomi yang terjadi jika dilakukan pembatasan.

"Presiden meminta dilakukan kajian kembali bagaimana mitigasi dari sisi ekonomi khususnya kepada masyarakat yang terdampak," kata juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, dalam pesan singkatnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Pemkot Medan Mulai Berlakukan Kerja dari Rumah
Pemkab Purbalingga Terapkan ASN Kerja di Rumah Mulai Senin Besok
Solo KLB Corona, ASN Mulai Kerja dari Rumah
Lima Tips Google untuk Tetap Terhubung saat Bekerja dari Rumah
Corona Bukan Halangan, Tetap Kerja meski di Rumah
Efek Kerja dari Rumah Bisa Bikin Kantong Jebol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini