Permintaan Melonjak, Harga Daging Sapi Diperkirakan Tembus Rp180.000 per Kg

Senin, 10 Mei 2021 10:51 Reporter : Kirom
Permintaan Melonjak, Harga Daging Sapi Diperkirakan Tembus Rp180.000 per Kg Daging Sapi. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pengelola Rumah Potong Hewan (RPH) Tunas Mandiri, Pamulang, Tangerang Selatan, Wandi mengaku mengalami peningkatan permintaan daging sapi karkas pada 3 hari menjelang Lebaran. Naiknya permintaan komoditas pangan tersebut, juga diikuti dengan naiknya harga daging sapi di tingkat RPH dan pedagang.

"Sudah mulai ada lonjakan semalam. Dari yang biasanya satu orang memotong satu sapi, semalam sampai 3 sapi," kata Wandi ditemui Senin (10/5).

Menurut Wandi, untuk harga sapi karkas saja dia menerima sapi-sapi siap potong itu seharga Rp105 ribu per kilogramnya. Angka itu, jauh lebih tinggi dibanding kondisi normal yang hanya dikisaran Rp85 ribu per kilo.

"Untuk modal karkas saja kita jual Rp105 ribu, di pasar sudah Rp150 ribu itu harga hari Jumat lalu," jelasnya.

Dia mengatakan, harga daging sapi segar di tingkat pengecer atau pedagang pasar bisa lebih dari Rp150 ribu per kilogram. "Per sekarang di perkirakan harga di pasar naik kembali. Berkisar Rp160 ribu sampai Rp180 ribu. Tapi biasanya kalau sudah H-3 sampai lebaran harga stabil," ucap dia.

Meski terjadi peningkatan permintaan, Wandi memperkirakan stok kebutuhan daging segar hingga hari H lebaran, tetap dapat terpenuhi. "Untuk stok hari raya sepertinya aman. Nah untuk harga luar biasa tinggi," jelasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini