Perkuat Kerjasama, India Bakal Bangun Pelabuhan di Sabang

Selasa, 19 Maret 2019 20:23 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Perkuat Kerjasama, India Bakal Bangun Pelabuhan di Sabang Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Deputi Bidang Koordinasi Bidang Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin mengatakan, guna memperkuat kerjasama, India akan membangun pelabuhan di pulau Sabang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

"Sedang berproses, salah satu yang menjadi prioritas adalah Sabang. Pembangunan Aceh," kata Ridwan, di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (19/3).

Dia menjelaskan, alasan dipilihnya Sabang, dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan wilayah India, yakni Kepulauan Andaman dan Nikobar.

"Keinginan kedua pihak. India sendiri perlu pasokan logistik dari Aceh. Kita juga berkepentingan. Pelabuhan akan dikembangkan, tapi mereka butuh bahan baku bangunan dari Aceh untuk pembangunan di Nikobar dan Andaman," jelasnya.

"Dekat. Sama-sama di kawasan strategis perdagangan juga kan. Masuk kawasan selat Malaka. Bersama sama memperkuat eksistensi kedua negara," imbuhnya.

Dia pun menyampaikan bahwa pihak India telah beberapa kali mengirim tim teknisnya untuk melakukan studi di Sabang. Meskipun demikian, dia belum dapat mengungkapkan nilai investasi yang akan digelontorkan untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

"Mereka sudah datang beberapa kali ke Sabang. Kita eksplorasi dari sana termasuk tim teknis India dari sana," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini