KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pemerintah targetkan tol Trans Jawa mulai bisa digunakan akhir 2018

Minggu, 13 Agustus 2017 18:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Basuki Hadimuljono. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan ruas tol trans Jawa sudah dapat beroperasi pada akhir tahun 2018. Hal ini disampaikan ketika mengikuti festival jalan tol jasa Marga di Gerbang Tol Salatiga (Tol Bawen-Salatiga), Jawa Tengah.

Lebih jauh ia mengatakan saat ini sedang dikerjakan Ruas tol Semarang-Solo, seksi Salatiga-Solo. Jika seksi Salatiga-Solo ini dapat selesai dan ruas tol Semarang-Solo dapat tersambung, maka itu artinya tol trans Jawa sudah tersambung semua.

"InsyaAllah akhir 2018 sudah bisa tersambung (Semarang-Solo) dengan demikian, kalau Brebes-Semarang sebelum mudik sudah tersambung, akhir 2018 sudah operasional, jadi akhir 2018 seluruh trans Jawa sudah akan selesai dan operasional," ungkapnya, Minggu, (13/8).

Dia menambahkan, saat ini progres pembangunan tol seksi Salatiga-Solo sudah mencapai 15 persen. Namun Menteri Basuki yakin pembangunan bisa berjalan dengan baik, sebab proses pembebasan lahan sudah mencapai 98 persen.

"Tinggal ruas ini (Salatiga-Solo) di trans Jawa yang baru kita mulai pekerjaannya," imbuhnya.

Sedangkan untuk ruas tol Bawen-Salatiga, rencananya akan diresmikan pada tanggal 28 Agustus nanti dan dapat digunakan oleh masyarakat setelah memenuhi standar kelayakan jalan yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR.

"Bawen-Salatiga ini nanti akan kita resmikan setelah ada sertifikat uji kelayakan jalannya," kata dia.

[idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.