Pemerintah Segera Lakukan Uji Coba Aturan Penilaian Kinerja PNS

Selasa, 3 Desember 2019 15:41 Reporter : Merdeka
Pemerintah Segera Lakukan Uji Coba Aturan Penilaian Kinerja PNS PNS. datakudatamu.wordpress.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan aturan dilakukan 2 tahun setelah payung hukum tersebut diterbitkan. Untuk itu, Kementerian PANRB akan menerapkan uji coba untuk mempercepat pelaksanaan manajemen penilaian kinerja PNS secara bertahap.

"Jadi kita ingin mempercepat pelaksanaannya, oleh karena itu kita buat beberapa tahapan walaupun dalam mandatnya 2 tahun setelah PP ini akan kita jalankan, dari PP keluar," kata Setiawan, di Kantor Kementerian PANRB, di Jakarta, Selasa (3/12).

Dia menjelaskan, uji coba akan dilakukan pada 7 kementerian lembaga dan 10 pemerintah provinsi dan kota. Di antaranya Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian PARB, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Keuangan.

Sedangkan PNS pemerintah daerah dan kota yang melakukan uji coba adalah DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, Wajo, Kutai Kartanegara, Kota Surabaya, Banyuwangi, Sumedang dan Sidoarjo.

‎"Kita siapkan dengan menunjuk beberapa instansi pemerintah sebagai pilot. Jadi ada 7 instansi pemerintah pusat dan 10 instansi pemda," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Penilaian Kinerja...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KemenPAN
  3. PNS
  4. Ekonomi Indonesia
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini