Patut dicontoh, kunci sukses Finlandia jadi negara terbahagia di dunia

Kamis, 13 September 2018 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Patut dicontoh, kunci sukses Finlandia jadi negara terbahagia di dunia Finlandia. ©Shutterstock

Merdeka.com - Finlandia merupakan salah satu negara yang memprioritaskan kebahagiaan warganya. Jadi tidak heran kalau Finlandia menduduki puncak Laporan Kebahagiaan Dunia 2018 setelah bertahun-tahun secara konsisten menempati urutan sepuluh terbesar, bersama dengan negara-negara Nordik lainnya.

Selain alasan sekolah gratis, universitas gratis, layanan kesehatan gratis, dan juga menjadi pelopor kesetaraan gender dan desain rumah atau pun ruang publik yang bagus, masyarakat Finlandia juga memiliki cara yang unik dalam memandang konsep kesejahteraan.

CEO dari Institusi Penelitian Kebahagiaan, Meik Wiking mengatakan masyarakat Finlandia berada di peringkat teratas dalam kebahagiaan karena orang Finlandia memprioritaskan agar bisa berada di alam bebas.

"Ketika orang menghabiskan lebih banyak waktu terhubung dengan alam dan tanah di sekitar mereka, mereka merasa lebih bahagia. Kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan. Semua konsep itu saling terhubung," katanya dikutip Vice.

Dia menjelaskan, setelah dilakukan wawancara terhadap penduduk lokal, diperoleh dua jawaban. Yakni berenang dan sauna menjadi salah satu sumber kebahagiaan mereka.

Pakar sauna di Distrik Loyly, Matti Markkanen mengatakan kebanyakan keluarga di Finlandia punya sauna di rumah mereka. Tak bisa dipungkiri, sauna adalah salah satu aspek paling penting dalam budaya Finlandia.

"Dalam tradisi kami, sauna berfungsi sebagai tempat perempuan melahirkan. Terus, jika kami meninggal, jasad kami akan dimandikan di sauna. Siklusnya cantik ya, dari lahir sampai mati di sauna. Intinya, sauna bisa membuat kita tetap bahagia," jelasnya.

"Nongkrong di Sauna adalah sebuah aktivitas sosial dan merekatkan keluarga dan sebuah komunitas. Tak ada pantangan saat anda berada di sauna, kecuali larangan ngomongin agama dan politik," tambah Markkanen.

Diketahui, sauna bermanfaat sebagai cara relaksasi yang mampu mengurangi stres. Sauna juga diduga dapat memulihkan kondisi tubuh sehabis olahraga, karena efektif dalam memperbaiki jaringan otot yang cedera atau sakit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sauna efektif untuk membantu mengurangi nyeri kronis, misalnya pada penderita sakit kepala kronis, dan radang sendi.

Tak hanya itu, penduduk Finlandia seperti tahu betul bagaimana caranya menikmati hidup. Di keseharian mereka, mereka selalu mencoba menikmati alam dan bersantai ketimbang memikirkan setumpuk pekerjaan di kantor. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini