Menko Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi RI Tumbuh 5 Persen Tahun Ini

Kamis, 17 Oktober 2019 10:26 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi RI Tumbuh 5 Persen Tahun Ini Darmin Nasution. ©2019 Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - International Monetary Fund (IMF) telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dari sebelumnya 3,2 persen menjadi 3 persen untuk tahun ini. Hal tersebut menandakan terjadinya perlambatan ekonomi global.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi ekonomi Indonesia tetap mampu tumbuh 5 persen meski ekonomi global melambat. Sebab, ekspor impor Indonesia tidak turun drastis seperti negara lain.

"Ya kita berharap sih masih 5 persen lah, boleh lah ya," ujar Menko Darmin saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (16/10) malam.

Menurutnya, kondisi ekspor impor Indonesia terhadap neraca dagang tidak separah tahun lalu yang sampai September 2018 telah mengalami defisit USD 3,8 miliar. Sementara posisi September tahun ini masih sekitar USD 1,9 miliar.

"Apalagi dibanding tahun lalu, sebenarnya penurunan ekspor impor kita itu jauh lebih kecil. Bahkan neraca dagangnya defisitnya mengecilnya banyak. Mungkin sekarang USD 1,9 miliar kalau sampai September mungkin kemarin USD 3,8 miliar," jelasnya.

Mengandalkan ekspor impor untuk menopang pertumbuhan ekonomi tak selalu menjadi keuntungan. Salah satunya, Singapura yang mengalami pertumbuhan negatif akibat ekspor melemah cukup dalam.

"Kita juga pasti ada, cuma kita itu kan peranan ekspor impor di dalam ekonomi kita itu tidak sebesar negara lain. Di satu pihak itu kelemahan, di lain pihak itu juga keuntungan," jelasnya.

"Seperti Singapura misalnya, pengaruh yang sudah terjadi saja membuat pertumbuhan ekonomi dia hampir praktis tidak ada. Kenapa? Karena ekspor impor dia lebih besar dari PDB nya sendiri, kalau kita kan tidak," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini