Menko Airlangga Minta Daerah Tambah Fasilitas Isolasi Mandiri di Tingkat Kecamatan

Senin, 21 Juni 2021 15:19 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Airlangga Minta Daerah Tambah Fasilitas Isolasi Mandiri di Tingkat Kecamatan Menko Airlangga. istimewa ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta kepada seluruh gubernur di daerah untuk menambah fasilitas isolasi mandiri di tingkat kecamatan. Hal ini penting untuk meminimalisir terjadinya lonjakan kasus aktif Covid-19 di daerah.

"Jadi tidak seluruhnya diserahkan kepada pusat, tetapi juga ada kegiatan yang dilakukan daerah," kata Airlangga di Jakarta, Senin (26/6).

Menko Airlangga mengingatkan, setiap daerah memiliki Dana Alokasi Umum (DAU), yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar-daerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Selain itu juga ada Dana Bagi Hasil (DBH), yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah berdasarkan angka persentase untuk mendanai kebutuhan dalam rangka pelaksanaan Desentralisasi.

Serta terdapat juga dana desa. Di mana 8 persen dari dana desa tersebut memang diperuntukkan untuk penanganan Covid-19. Oleh karena itu, penambahan fasilitas isolasi mandiri tersebut bisa digunakan dengan sumber pendanaan tersebut.

"Sekarang dana-dana tersebut sudah ada di daerah, baik itu di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Dan implementasi atau penggunaan anggaran ini belum maksimal. sehingga ini bisa dioperasionalisasikan atau dibiayakan dari dana-dana tersebut," jelasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini