Menhub harap Sabang jadi pelabuhan transhipment

Sabtu, 2 Desember 2017 12:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Menhub Budi Karya Sumadi di puncak Sail Sabang 2017. ©2017 humas menhub

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Pelabuhan Peti Kemas Sabang atau CT3 bisa menjadi pelabuhan transhipment. Sehingga barang dari Sumatera bisa dibawa ke luar negeri melalui pelabuhan ini.

Menurutnya, pelabuhan ini berada di lokasi yang strategis, di mana CT3 merupakan pelabuhan alam dengan kedalaman 20 meter sehingga tidak membutuhkan pembangunan dan perawatan sebagaimana pelabuhan lainnya di Indonesia.

"Jika menjadi pelabuhan transhipment, maka salah satu alternatif pergerakan arus barang dari beberapa daerah di Sumatera dapat melalui pelabuhan Sabang CT3, lalu kemudian akan dibawa lagi ke luar negeri dengan kapal yang lebih besar," kata Budi melalui keterangan resminya, Sabtu (2/12).

Lebih lanjut Menhub mengatakan saat ini sudah ada operator kapal yang berminat menjadikan Pelabuhan CT3 sebagai transhipment. "Makanya saya datang ke sini untuk melihat langsung pelabuhan ini, sudah ada operator kapal yang berminat dengan pelabuhan sabang ini," tandasnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan meresmikan pembukaan Sail Sabang setelah dia mendatangi sampul peringatan Sail Sabang. Pertunjukan Seni Tarian Kolosal Laksamana Malahayati, Paramotor Show, Free Fall oleh Gabungan TNI dan Polri, dan Aerobatic Show akan menyemarakkan rangkaian acara ini.

Dalam rangkaian acara, Wapres didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil melakukan peninjauan ke Kapal Bimasuci dan Stand Sabang Wonderful Expo. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.