Menhub Budi Akui Sudah Terima Laporan Keuangan Garuda Indonesia

Senin, 29 April 2019 20:06 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menhub Budi Akui Sudah Terima Laporan Keuangan Garuda Indonesia Menhub Budi Karya. ©2018 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut buka suara terkait polemik laporan keuangan Garuda Indonesia. Dia mengatakan saat ini pihaknya menunggu penjelasan dan klarifikasi terkait masalah tersebut.

"Selaku regulator Kemenhub memberi kesempatan kepada yang berwenang untuk memberikan penjelasan, memberikan klarifikasi. Selain Garuda juga, pemegang saham, Kementerian BUMN. Klarifikasi sudah akan saya mendengar dari BPK, komisi VI DPR, dan Bursa Efek. Kami menunggu klarifikasi itu," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Senin (29/4).

Budi pun mengakui bahwa pihaknya sendiri memang telah menerima laporan keuangan Garuda. Laporan tersebut menyatakan maskapai penerbangan pelat merah itu mencetak laba di tahun 2018.

"Kemenhub sudah dapat laporan keuangan dari Garuda dan di situ memang dinyatakan 2018 itu dinyatakan untung. Secara detil kita tidak dilaporkan tentang hal-hal yang berkait pengakuan pihak penerbangan," jelasnya.

Klarifikasi dan penjelasan tersebut, diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap. Sebagai regulator, Kemenhub mengambil peran untuk memastikan bahwa masalah tersebut jangan sampai mengganggu operasional Garuda.

"Yang penting kita memastikan sustainability perusahaan ini atau kelangsungan operasi garuda berjalan baik. Kami yakin lembaga2 itu bisa lakukan dengan baik. Karena memang bidangnya," tandasnya.

Sebelumnya, dua komisaris PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menolak menandatangani laporan keuangan periode 2018. Hal ini dipicu ada piutang yang diakui dalam pendapatan sehingga PT Garuda Indonesia Tbk dapat mencetak laba pada 2018. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini