Mendag Zulhas Minta Arab Saudi Permudah Registrasi Produk Ekspor Halal R

Rabu, 25 Januari 2023 14:46 Reporter : Yunita Amalia
Mendag Zulhas Minta Arab Saudi Permudah Registrasi Produk Ekspor Halal R Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta Arab Saudi mempermudah registrasi produk ekspor Indonesia. Produk halal ini nantinya diperuntukan bagi jemaah haji. Komitmen ini disampaikan dalam pertemuan dengan Presiden Eksekutif Saudi Food and Drug Authority (SFDA) Hisham bin Saad Al-Jadhey di Riyadh, Arab Saudi.

"Saya berharap SFDA dapat segera menindaklanjuti beberapa hal yang menjadi konsen Indonesia untuk mempermudah proses registrasi produk-produk Indonesia di Arab Saudi, sehingga produk-produk Indonesia dapat dikonsumsi oleh para jamaah haji, khususnya jamah haji Indonesia," kata Zulkifli dikutip pada Rabu (25/1).

Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli juga membahas beragam isu perdagangan yang berpotensi menghambat ekspor Indonesia ke Arab Saudi. Pertemuan ini merupakan bagian dari kegiatan misi dagang ke Arab Saudi yang dilaksanakan pada 21-23 Januari 2022.

Kepada Hisham, Zulkifli juga menyampaikan agar SFDA dapat memberikan fasilitas dan kemudahan untuk akses produk-produk Indonesia masuk ke pasar Arab Saudi, antara lain produk pangan olahan, produk perikanan khususnya ikan budidaya, produk unggas dan daging, serta mempercepat penyelesaian pembahasan kerja sama tentang jaminan kualitas produk halal.

Dia menegaskan kepada SFDA bahwa terkait dengan produk unggas dan daging, Indonesia telah mengekspor ke Jepang, Singapura, Timor Leste, Papua Nugini. Sementara untuk produk perikanan, Indonesia juga berhasil mengekspor ke Amerika, China, Jepang, Swiss, Norwegia, Islandia, dan beberapa negara lainnya.

"Saya meminta SFDA untuk segera melakukan pertemuan di tingkat teknis untuk mempercepat proses registrasi produk-produk Indonesia dan segera menyelesaikan pembahasan kerja sama di bidang halal," ucapnya.

Sementara Hisham dalam pertemuan itu menyampaikan, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia dan hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi terjalin sangat kuat.

Arab Saudi telah menerapkan standar untuk beberapa produk tertentu dan Indonesia memiliki produk-produk yang sangat berkualitas. Untuk itu, SFDA mempercayai produk-produk Indonesia sudah banyak diterima pasar Arab Saudi. SFDA akan berupaya memfasilitasi dan memberi kemudahan bagi Indonesia dalam upaya untuk masuk ke pasar Arab Saudi.

Baca juga:
Perppu Cipta Kerja: Pengurusan Sertifikat Halal Dipangkas dari 21 Hari Jadi 12 Hari
Kemenag Bakal Sanksi Produk yang Belum Bersertifikat Halal di 2024
Kota Cirebon Punya Mall UKM, Jadi Pusat Oleh-Oleh hingga Pelatihan Pelaku Usaha
Industri Halal dan Ekonomi Syariah Indonesia Terus Menggeliat, Ini Buktinya
Menko Airlangga Beberkan Bukti Indonesia Bisa Jadi Produsen Halal Terkemuka Dunia
Hikmah Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Halal, Jernihkan Hati

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini