Mendag Enggar Sebut RI Perlu Terapkan Proteksionisme Perdagangan

Minggu, 6 Oktober 2019 13:47 Reporter : Merdeka
Mendag Enggar Sebut RI Perlu Terapkan Proteksionisme Perdagangan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, dampak perang dagang semakin terlihat terhadap perekonomian global. Menurutnya, Indonesia perlu menerapkan proteksionisme perdagangan, mengingat sudah banyak negara yang juga melakukan hal itu.

"Saya pun terpaksa harus melakukan hal serupa (proteksionisme). Hanya sekarang bagaimana cari celahnya agar itu tak melanggar WTO," kata Enggar di Jakarta, Minggu (6/10).

Dia mengaku, pihaknya akan mencari cara agar kebijakan proteksionis tersebut tidak melanggar aturan dari World Trade Organization (WTO). Hal ini agar industri dalam negeri tetap stabil di tengah gejolak ekonomi global, tanpa ada tekanan dari pihak luar.

Selain itu, pihaknya juga akan mempermudah aturan-aturan investasi seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Perang dagang ini memberikan dampak yang sangat besar. World Bank menyampaikan prediksinya dalam satu tahun sampai satu setengah tahun ke depan yang disebut world financial crisis akan melanda dunia. Indonesia akan bisa survive kalau investasi dan ekspor," imbuhnya.

Dia mengapresiasi kehadiran gerakan Local to Global yang merupakan kerja sama antara pemerintah dan Kadin, agar UMKM untuk makin eksis dengan bantuan e-commerce. Dengan demikian, produk dalam negeri semakin kuat, sehingga Indonesia tak selalu dibanjiri produk luar negeri dan menjadi konsumen saja.

"Saya sungguh berbahagia atas komitmen yang dibuat ini, bahkan ada suatu upaya untuk mendorong from local to global. Itu suatu yang positif," tandasnya.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini