Mendag Diminta Sanksi Setop Operasi Pengusaha Tak Patuh Beli Gula Petani Rp11.200/Kg

Kamis, 27 Agustus 2020 17:41 Reporter : Merdeka
Mendag Diminta Sanksi Setop Operasi Pengusaha Tak Patuh Beli Gula Petani Rp11.200/Kg Mendag sambangi Emtek Group. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi Golkar, Nusron Wahid, menagih janji Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang telah menugaskan BUMN dan perusahaan importir gula untuk membeli gula petani seharga Rp 11.200/Kg.

Sebab, meski sudah ada kesepakatan dan beberapa kali pertemuan antara importir gula dan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) yang dimediasi Kemenko Perekonomian, nyatanya hingga saat ini kesediaan untuk membeli gula petani belum direalisasikan.

"Saya minta Bapak Mendag, harus menegakkan wibawa. Jangan mau dilecehkan. Kalau mereka (perusahaan importir gula) tidak mau beli gula petani, gunakan pulpen kewenangannya. Kasih sanksi mereka. Agar tahun ini kalau tidak mau beli, jangan dikasih kuota impor lagi," ujar dia dalam rapat kerja Komisi VI, Kamis (27/8).

Nusron mengatakan, Mendag harus konsisten pada keputusan politiknya terkait solusi untuk menyelamatkan petani gula yang dirugikan akibat kebijakan impor. Atau setidaknya mencari solusi lain yang menguntungkan petani tanah air, seperti menaikkan harga eceran tertinggi.

Hal itu, kata Nusron, supaya tercipta efisiensi dan efektivitas distribusi nasional di sektor gula.

Baca Selanjutnya: Kemendag Pastikan Harga Gula Sudah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini