MDKA Sebut Insiden Retakan di Proyek Tujuh Bukit Tak Hilangkan Cadangan Emas

Selasa, 15 September 2020 16:46 Reporter : Merdeka
MDKA Sebut Insiden Retakan di Proyek Tujuh Bukit Tak Hilangkan Cadangan Emas tambang emas. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Direktur Merdeka Copper Gold (MDKA), Tri Boewono, memaparkan bahwa perusahaan sempat mengalami insiden penurunan tanah di Proyek Tujuh Bukit di Banyuwangi. Perusahaan memastikan bahwa kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa ataupun menghilangkan emas, tetapi belum dipastikan lebih lanjut seberapa besar dampak dari insiden tersebut.

"Peristiwa yang baru saja terjadi pada Sabtu, 12 September di Tujuh Bukit di Banyuwangi itu ditemukan retak di permukaan heap leach pad. Kemudian, karyawan dan peralatan tambang di sekitar dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Rencana-rencana perbaikan akan segera kami susun, tapi yang pasti tidak ada korban jiwa," ungkap Tri pada sesi Public Expose PT Merdeka Copper Gold saat Selasa siang (15/9).

Pergerakan dari material tersebut mengakibatkan kerusakan pipa dan pompa pada heap leach operation. Pekerjaan irigasi di area heap leach pad langsung dihentikan segera, diikuti dengan disusunnya rencana lebih lanjut untuk memperbaiki lokasi operasional ini. Selain itu, kejadian ini juga tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

"Terjadinya insiden ini tidak serta merta menghilangkan emas. Namun, tentunya selama proses perbaikan berjalan, peristiwa ini akan berdampak pada produksi. Produksi emas tidak akan hilang, tapi hanya tertunda," ujar Tri.

Baca Selanjutnya: Analisa Penyebab Insiden Tengah Dilakukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini