Lamar PPPK Guru 2021 Tapi Tak Terdaftar di Dapodik, Ini Solusinya

Selasa, 6 Juli 2021 11:34 Reporter : Merdeka
Lamar PPPK Guru 2021 Tapi Tak Terdaftar di Dapodik, Ini Solusinya CPNS. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Pendaftaran CPNS dan PPPK Guru 2021 masih menghadapi banyak keluhan. Di mana banyak calon PPPK Guru mempertanyakan yang namanya selama ini sudah tertera di Dapodik, namun setelah mendaftar, ternyata tidak ada di database sscasn.bkn.go.id selaku portal pendaftaran.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) coba menjawab keluhan tersebut dalam sesi live instagram @bkngoidofficial, Selasa (6/7). Pada kesempatan itu, admin SSCASN menginformasikan fitur helpdesk terkait Dapodik ini jadi kewenangan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud.

"Jadi setiap guru itu informasi dari Kemendikbud bahwa seharusnya sudah bisa mengecek datanya sendiri di info.gtk.kemdikbud.go.id," terang BKN.

Calon pendaftar PPPK Guru disarankan mengecek pada laman tersebut. Mereka pun diimbau untuk melihat ulang apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di sana sudah tepat atau belum.

"Tiap guru cek aja di situ, NIK-nya bener gak, karena kalau mau bikin akun itu kan kita pakainya NIK. Jadi kalau NIK-nya enggak sama, enggak akan bisa ketarik," ungkapnya.

BKN pun mengingatkan, bahwa portal info.gtk.kemdikbud.go.id hanya berlaku untuk calon pendaftar PPPK Guru. Sementara calon pelamar lainnya bisa mengecek tata cara dan melakukan pendaftaran di laman resmi sscasn.bkn.go.id.

"Mungkin Kemendikbud pernah info kepada setiap guru untuk mengecek data NIK-nya di info.gtk.kemdikbud.go.id. Itu hanya untuk yang guru ya. Kalau dari lulusan PPG (Pendidikan Profesi Guru) itu ada database-nya sendiri. Kalau tenaga honorer, eks THK 2, itu database-nya di kita," jelasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Kemenperin Tawarkan 786 Formasi CPNS, Ini Rinciannya
Hari Kedua Pendaftaran CPNS, 5 Kementerian Ini Paling Banyak Diminati
Pendaftaran Telah Dibuka, Simak Dulu Fakta-Fakta Terbaru Seputar CPNS
KemenPAN Usulkan Ada Kontrak Kerja, Meski Sudah jadi CPNS Tapi Belum Pasti Diangkat
Resmi Dibuka, Kejagung Bakal Rekrut 4.148 Orang Pada Seleksi CPNS Tahun 2021
Pemkot Tangerang Buka 3.628 Lowongan Kerja, 122 Posisi untuk CPNS

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. CPNS
  3. PPPK
  4. BKN
  5. Jakarta
  6. Penerimaan CPNS
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini