Ketergantungan ekspor komoditas bikin perekonomian daerah melemah

Rabu, 29 November 2017 10:41 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ketergantungan ekspor komoditas bikin perekonomian daerah melemah Gubernur BI Agus Martowardojo. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengungkapkan salah satu tantangan yang harus dihadapi perekonomian Indonesia adalah masih bergantungnya kinerja ekspor pada komoditas.

"Dalam catatan kami, pangsa ekspor terkait komoditas ini lebih dari 50 persen sedangkan ekspor produk manufaktur belum menunjukkan perbaikan signifikan," ungkapnya di JCC, Jakarta Selatan, Selasa (28/11).

Menurutnya, ketergantungan pada ekspor komoditas ini memengaruhi dinamika pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. Misalnya Sumatera yang kaya akan minyak dan gas alam (migas) mengalami tekanan pada semester I-2017 seiring dengan masih rendahnya harga minyak.

"Di sisi lain, ekonomi Kalimantan bangkit seiring dengan perbaikan harga batu bara serta minyak kelapa sawit di pasar global," kata dia.

Pertumbuhan ekonomi di wilayah Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara pun bergantung pada mineral tembaga sedangkan wilayah Sulawesi bergantung pada mineral nikel.

Tantangan lain dari segi ekspor yang harus diwaspadai adalah terpusatnya perdagangan Indonesia ke China. Ini menunjukkan kurangnya tingkat penyebaran pernah Indonesia.

"Ini menyebabkan Indonesia menjadi lebih rentan terhadap shock ekonomi China, terlebih pertumbuhan ekonomi Tiongkok ke depan yang diperkirakan melambat," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Ikan Kayu asal Sulut makin diminati warga Jepang
Mendag Enggar pimpin delegasi misi dagang di Jepang, perluas pasar produk Indonesia
Ekspor pakaian Bali meroket 23,70 persen di September 2017
Menteri Amran buka rahasia Indonesia bebas paceklik yang jadi penyebab impor pangan
Pengusaha mainan lokal diminta urus SNI agar tak kalah dari produk impor

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini