Kementan Target Pendapatan Petani Meningkat 6 Kali Lipat Tahun ini

Senin, 11 Februari 2019 14:53 Reporter : Merdeka
Kementan Target Pendapatan Petani Meningkat 6 Kali Lipat Tahun ini Mentan Andi Amran Sulaiman soal pendapatan petani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan pendapatan petani bisa meningkat hingga 6 kali lipat di 2019. Salah satunya dengan memaksimalkan rawa menjadi lahan persawahan untuk komoditas padi.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengatakan selama ini lahan rawa banyak yang terbengkalai atau tidak digarap secara baik. Akibatnya produksi padi di lahan ini sekitar 2 ton per hektare (ha).

"Lahan rawa ini lahan tidur yg harus dioptimalkan. Dulu produksinya 2 ton per ha," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (11/2).

Namun, kini Kementan telah menemukan varietas bibit yang cocok untuk ditanam di lahan jenis tersebut. Bahkan, varietas ini diklaim mampu menghasilkan padi 6 ton per ha.

"Kita sudah temukan bibit yang cocok untuk rawa namanya Inpara dan produksinya 6 ton, 3 kali lipat. Dan kita mengatur sirkulasi air sehingga bisa nantinya tanam 3 kali. Ini artinya produktivitasnya naik dari 2 menjadi 6. Pendapatan petani bisa naik 6 kali lipat," kata dia.

Rencananya, varietas ini akan ditanam oleh petani di lahan seluas 500.000 ha yang tersebar di lahan rawa sejumlah provinsi. "Rencana optimalisasi 500 ribu ha. Fokus yg besar di Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan. Ada tambahan di Bengkulu dan Jambi," tandas dia

Reporter: Septian Deny
Sumber: Liputan6.com [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini