KemenPU-PR punya proyek jenis padat karya Rp 11,2 T bangun desa

Jumat, 3 November 2017 19:58 Reporter : Supriatin
KemenPU-PR punya proyek jenis padat karya Rp 11,2 T bangun desa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo meminta kementerian dan lembaga berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mengoptimalisasi penggunaan dana desa. Salah satu kementerian yang diharapkan kontribusinya ialah Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan pihaknya punya sejumlah proyek untuk menjalankan permintaan Presiden Jokowi.

"Ada irigasi, jalan, jembatan, rumah, dan cipta karya, kotaku, infrastruktur ekonomi, sanimas (sanitasi masyarakat), pamsimas," ungkap Menteri Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/11).

Khusus untuk sejumlah proyek yang disebutkan di atas, KemenPU-PR mengalokasikan anggaran sekitar Rp 11,238 triliun. Menteri Basuki memperkirakan, ada sekitar 263.646 orang tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek tersebut.

"Kalau kerja satu bulan 22-25 hari asumsinya per bulan, berarti tenaga kerjanya 263.646 orang. Rata-rata upahnya sekitar Rp 3,314 juta per bulan per orang. Kita bayar harian atau mingguan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharini, mengatakan proyek padat karya rencananya dimulai pada Januari 2018. Proyek tersebut harus dijalankan berdasarkan asas manfaat untuk desa.

"Jadi program padat karya ini bukan hanya melingkupi infrastruktur atau sarana prasarana seperti embung tapi kita juga masuk ke pelayanan masyarakat," ucapnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini