Kebijakan Spontan, Rini Gratiskan Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi Hingga 21 April

Senin, 25 Maret 2019 10:53 Reporter : Yan Muhardiansyah
Kebijakan Spontan, Rini Gratiskan Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi Hingga 21 April Menteri BUMN Rini Soemarno. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Seksi 7 atau bagian paling ujung dari jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) resmi dioperasikan mulai hari ini. Lintasan itu digratiskan hingga 21 April 2019 mendatang. Kebijakan itu disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan seksi 7 jalan tol MKTT, Minggu (24/3).

Menurut Menteri Rini, keputusan itu dibuat spontan, karena dihubungkan dengan hari ulang tahun kementerian BUMN.

"Terus saya bilang ke Ibu Desi (Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani), kita kan lagi ulang tahun. Sudahlah kita gratiskan dulu sampai tanggal 21 April 2019," kata Rini.

Pengoperasian seksi 7 tol MKTT ini dilakukan setelah lintasan itu lulus sertifikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rini menyatakan setelah peresmian ini tidak akan ada lagi penutupan seksi jalan tol itu.

Rini juga mengungkapkan, pengoperasian seksi 7 tol MKTT ini dilakukan karena masyarakat menginginkan jalur itu segera dapat dilalui. "Saya bicara sama Ibu Desi, masyarakat di Tebing Tinggi minta cepat, supaya tolnya segera di operasikan. Jadi ya sudah sekalian diresmikan. Dengan acara BUMN ini kita buka aja," jelas Rini.

"Jadi boleh dimanfaatkan dan digunakan masyarakat. Enggak pakai gunting-gunting pita, yang penting langsung saja," lanjut Rini sambil tertawa.

Sementara Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Desi Arryani menambahkan, ruas jalan tol MKTT ini sepanjang 61,7 Km. Sebelum seksi 7 beroperasi, 52 Km sudah lebih dulu beroperasi. "Jadi dengan dioperasikan seksi terakhir ini, Tebingtinggi-Sei Rampah, tol Medan–Kualanamu-Tebingtinggi sepanjang 61 Km selesai. Sudah dioperasikan semuanya," ucapnya.

Sebelumnya, seksi 7 tol MKTT sempat difungsikan 10 hari pada akhir tahun 2018 hingga awal 2019. Jalur sepanjang 9,33 Km kemudian ditutup kembali pada Rabu (2/1) malam, untuk menjalani uji laik. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini