Jual Beli Hewan Kurban Online Tak Pengaruhi Penjualan Konvensional

Jumat, 9 Agustus 2019 15:25 Reporter : Merdeka
Jual Beli Hewan Kurban Online Tak Pengaruhi Penjualan Konvensional Penjual hewan kurban di Cipinang. ©2019 Merdeka.com/Rhandana Kamilia

Merdeka.com - Berkembangnya teknologi terus merambah ke berbagai segi kehidupan, tak terkecuali penjualan hewan kurban. Kini, masyarakat tak hanya bisa membeli hewan kurban secara offline atau konvensional, namun juga bisa melalui online.

Meski demikian, para penjual hewan kurban menilai penjualan hewan kurban online tidak berpengaruh besar terhadap penjualan. Sebab, mereka sudah mempunyai target pasar sendiri, sehingga tidak akan takut untuk kehilangan pelanggan.

"Kurban online itu sedikit memengaruhi, tapi tidak drastis karena kita sudah ada konsumen langganan," ucap Toto selaku penjual hewan kurban, di Cipinang, Jumat (9/8).

Penjual lainnya, Eko Prasetyo menilai para penjual hewan kurban konvensional tetap merasa aman karena mereka sudah memiliki pelanggan tetap. Selain itu, pelanggan akan lebih nyaman untuk melihat kondisi hewan secara langsung, dan bisa memilih hewan kurban sesuai dengan keinginannya.

Tak hanya itu, penjual hewan kurban pun biasanya sudah bekerja sama juga dengan beberapa masjid atau ustaz. Jadi, ketika seseorang ingin berkurban, dia akan disalurkan ke penjualan hewan kurban tersebut.

"Pelanggan juga lebih suka melihat secara langsung. Atau yang sudah punya kenalan, seperti ustaz atau pengurus masjid mana," ujar Eko.

"Model kurban online itu kan pelanggan belum pernah liat langsung. Cuma lihat melalui foto dan bisa ketipu sama kamera. Misalnya hewan terlihat lebih tinggi atau gemuk, padahal aslinya tidak," tandasnya.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini