Jelang Tahun Baru, Kemenhub Waspadai Peningkatan Kendaraan Menuju Palembang

Rabu, 26 Desember 2018 16:22 Reporter : Merdeka
Jelang Tahun Baru, Kemenhub Waspadai Peningkatan Kendaraan Menuju Palembang Macet di Tol Jakarta-Cikampek. ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, ada beberapa lokasi yang volume kendaraannya meningkat drastis saat libur Natal dan Tahun Baru 2019, salah satunya untuk jalur Lampung hingga ke Palembang.

"Jalan tol Lampung-Palembang itu alami kenaikan dari 5000 menjadi 10 ribu kendaraan. Ini kenaikan signifikan. Ini peringatan untuk angkutan Lebaran 2019," kata Budi di kantornya, Rabu (26/12).

Dari hasil evaluasi penyelenggaraan arus Natal, terlihat Pelabuhan Merak juga sempat mengalami kepadatan. Pada akhirnya antrean sampai terjadi di Gerbang Top Merak. Kemacetan itu terjadi karena tidak ada kapal yang bisa bersandar di pelabuhan sebagai dampak surutnya air laut.

Pasca terjadi tsunami di Selat Sunda beberapa hari lalu, pengguna angkutan penyeberangan yang melalui Merak-Bakaheuni turun drastis. Padahal sebelumnya ada peningkatan pada tanggal 21-22 Desember 2018.

Untuk jalur darat yang melalui jalan tol Jakarta-Cikampek, Budi juga mewaspadai terjadinya peningkatan kendaraan setelah tahun baru 2019. Karena, belum semua kendaraan yang melalui tol Cikampek saat libur natal kembali ke Jakarta.

"Hitungan saya, masih tersisa 57 ribu yang belum kembali ke Jakarta. Perkiraan sampai 1 Januari 2019 puncak arus balik. Semoga tidak macet panjang," tandasnya

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini