Jamal Papua Mart, UKM binaan Freeport resmi dibuka

Selasa, 19 Desember 2017 20:10 Reporter : Idris Rusadi Putra
Jamal Papua Mart, UKM binaan Freeport resmi dibuka Freeport. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Toko Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Program Pembinaan dan Pemberdayaan Ekonomi perempuan PT Freeport Indonesia (PTFI), Jamal Papua Mart resmi dibuka di Kampung Utikini Baru, Papua.

UMKM ini merupakan tindak lanjut dari program kemitraan yang dilakukan antara Yayasan Bina Utama Mandiri (YBUM) dengan Bank Rakyat Indonesia.

Perwakilan manajemen PTFI dari Departemen Community Economic Development (CED), Rony Yawan mengatakan, dengan peresmian Jamal Papua Mart, Clara Magai dan Munadi selaku penerima bantuan bisa terus semangat dan berjuang lantaran ke depan akan menghadapi banyak rintangan.

"Peresmian ini hanyalah awal. Akan ada rintangan nantinya. Jadi, sekiranya apa yang sudah diberikan dapat dijaga dengan baik dan bisa menjadi contoh untuk masyarakat lokal yang lain untuk berusaha," ujarnya dikutip dari keterangan di Jakarta, Selasa (19/12).

Rony berharap kemitraan yang dilakukan dengan pemerintah daerah maupun perbankan ini bisa terus berlanjut, karena menurut data, sudah ada 5 toko yang didirikan berkat kerjasama PTFI, Pemerintah daerah dan Bank BRI.

Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kabupaten Mimika, Sukarno mengatakan, pihaknya akan selalu men-support dalam segi manajemen keuangan. Dari data yang dimilikinya, perkembangan usaha yang sudah di-support sangat baik dan omset yang awal hanya Rp 3 juta sudah meningkat menjadi Rp 30 juta.

"Dengan keadaan yang sudah dihasilkan, maka akan ada peningkatan dari segi ekonomi untuk masyarakat lokal," katanya.

Menurutnya, bila pengusaha kecil ini bisa diberikan pendampingan, tidak hanya modal, tetapi sebuah pendampingan dalam pembinaan perubahan pola pikir untuk bisa tertib administrasi dan keuangan maka keberhasilan akan sangat besar.

Kepala BP3KB Kabupaten Mimika, Alice I Wanma berharap pemerintah daerah dan PTFI bisa terus mengembangkan dan memberdayakan perempuan-perempuan Kabupaten Mimika dalam hal perekonomian. Dia juga memberikan apresiasi terhadap suami dari Clara Magai sehingga bisa mandiri dan berhasil mendirikan Jamal Mart.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Penyerahan BRILINK dari Bank BRI kepada pemilik Jamal Papua Mart, serta pemberian modal sebesar Rp 5 juta oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. UKM
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini