Intip Tips Sukses Berbisnis Ala Gibran Rakabuming

Sabtu, 15 Desember 2018 22:30 Reporter : Anggun P. Situmorang
Intip Tips Sukses Berbisnis Ala Gibran Rakabuming Gibran Rakabuming beberkan tips sukses. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Putra Pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka membagikan tips sukses berbisnis bagi anak muda masa kini. Gibran mengatakan, untuk memulai suatu bisnis harus dimulai dari nol.

Gibran mencontohkan, usaha martabaknya yang diberi nama Markobar, dulu dibentuk melalui proses panjang dan tidak mudah. Awalnya, Markobar hanya martabak pinggir jalan dengan menggunakan gerobak kaki lima.

"Misalnya markobar ya. Markobar sekarang sudah punya 37 cabang, dulunya kan cuma martabak dipinggir jalan, cuma pakai gerobak kaki lima. Jualan nya cuma malam, dan itu sampai sekarang kita kembangin sudah ada di beberapa kota besar," ujar Gibran di Denpasar, Bali, Sabtu (15/12).

Gibran mengatakan, tips selanjutnya adalah harus memulai bisnis di usia semuda mungkin. Selain itu, dia juga menekankan, jika ingin jadi pengusaha maka tidak boleh malu dan takut gagal.

"Jadi memang saya tekankan teman-teman terutama anak-anak muda jangan malu jangan takut untuk memulai sesuatu dr nol. Memulai sesuatu dari hal hal yang sangat sederhana," jelasnya.

"Kalau bicara markobar, kita sudah tidak bicara omset di angka puluhan juta atau ratusan juta kita sudah bicara diomset sekian M (miliar). Jadi apapun itu, sesuatu yang dimulai dari kecil, ditekuni, diseriusi, pasti bisa jadi sesuatu yang besar," sambungnya.

Gibran menambahkan, usaha yang sukses juga tidak terlepas dari kemampuan untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Di era tehnologi yang semakin maju, pengusaha dituntut mampu menyediakan produk secara cepat bagi masyarakat.

"Awalnya sangat sederhana, tapi dengan kemajuan tehnologi kita memanfaatkan sosial media, ojek online, kita menjadi besar dan terbantu. Saya kira anak-anak muda harus berani memulai, berani mengambil resiko. Harus mengubah mindset habis kuliah ngelamar di mana tapi ubah menjadi selesai kuliah kita mau usaha apa. Itu tips sukses," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini