Ini tanggapan Menko Luhut lihat komik Jepang sindir kereta cepat

Senin, 26 Februari 2018 20:43 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ini tanggapan Menko Luhut lihat komik Jepang sindir kereta cepat Komik Onan Hiroshi. ©Twitter/@hiroshionan

Merdeka.com - Nama komikus asal Jepang, Onan Hiroshi mendadak viral. Dalam karyanya, Onan menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'mengemis' kereta cepat pada negeri Sakura.

Sontak komik tersebut membuat masyarakat Indonesia bereaksi keras. Akhirnya, Hiroshi menyampaikan permintaan maaf dan menarik komik sindiran itu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sindiran Komikus Jepang tersebut dapat dijadikan sebagai pendorong bagi Pemerintah untuk makin gencar mengerjakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Memacu kita supaya speed train Jakarta-bandung itu bisa selesai," ungkapnya di Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (26/2).

"Dia minta maaf kan. Bangsa ini kan bangsa pemaaf," kata Luhut.

Lebih jauh Mantan Menko Polhukam ini mengakui memang ada beberapa kendala dalam pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, di antaranya pembebasan lahan.

"Sekarang kita evaluasi, karena terus terang ada banyak masalah. Pembebasan tanah, masalah gempa cukup tinggi kan terowongan ada banyak, elevated juga banyak, jadi perhitungan-perhitungan waktunya agak sedikit mundur," ujar Luhut.

Meskipun demikian dia menegaskan bahwa proyek tersebut akan tetap berlanjut dan dituntaskan. "Itu akan selesai hanya mungkin waktu agak mundur," tandasnya. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Kereta Cepat
  2. Luhut Panjaitan
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini