Indef Sebut Korupsi Jadi Alasan Investasi RI Melambat

Kamis, 7 Februari 2019 20:53 Reporter : Kamilah
Indef Sebut Korupsi Jadi Alasan Investasi RI Melambat investasi. shutterstock

Merdeka.com - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) membeberkan beberapa faktor yang menyebabkan investasi di Indonesia melambat. Salah satunya yaitu korupsi.

Ekonom Senior Indef, Muhammad Nawir Messi mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Bank Dunia, korupsi merupakan salah satu hambatan utama bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Bagi investor sesuai dengan survei Bank Dunia korupsi masih jadi pertimbangan utama dan jadi constrain utama," Katanya di Jakarta, Kamis (7/2).

Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi upaya pemberantasan korupsi yang gencar dilakukan oleh KPK. "Saya kira kalau kita lihat survei Bank Dunia kita apresiasi kerja teman di KPK dan mungkin itu yang menjadi sumber ICOR kita ada perbaikan dalam dua tiga tahun terakhir," jelasnya.

Menurut dia upaya lain yang harus dilakukan adalah perbaikan dalam koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Pak Darmin (Menko Perekonomian Darmin Nasution) sudah banyak lakukan deregulasi tapi tampaknya paketnya Pak Darmin berhenti di lapangan banteng enggak sampai daerah. Bupati, Gubernur masih jalan sendiri, jadi paket ini nampaknya tidak terimplementasi dengan baik di daerah," tegasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini