INACA Siap Dukung Pembangunan Konektivitas dan 5 Bali Baru

Selasa, 12 November 2019 18:19 Reporter : Siti Nur Azzura
INACA Siap Dukung Pembangunan Konektivitas dan 5 Bali Baru Labuan Bajo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) fokus mendukung dua aspek penting pembangunan ekonomi dan pariwisata yang menjadi program pemerintah 5 tahun ke depan. Dua aspek penting itu adalah pembangunan konektivitas antar-wilayah dan pembangunan tujuan wisata strategis baru.

"Kendati ini kepengurusan baru, kami mendukung program prioritas dari pemerintah terutama soal konektivitas dan sektor pariwisata dengan 5 Bali baru yang digagas pemerintah. Dari sini diharapkan bisa menghidupkan pusat–pusat ekonomi baru," ucap Ketua INACA Denon Prawiraatmadja melalui keterangan resminya, di Jakarta, Selasa (12/11).

Denon menegaskan bawha pihaknya memastikan dukungan terhadap program pemerintah yang terangkum dalam visi Presiden Joko Widodo bernama Indonesia Sentris. Membangun dari pinggiran dengan mengajak semua pihak terlibat secara aktif dalam menggerakkan pembangunan.

Sebagai organisasi yang mewadahi pelaku usaha industri penerbangan, Denon menilai, Inaca punya peranan penting dalam konektivitas maupun dalam mendukung pertumbuhan Indonesia dari pinggir. Ditambah lagi Indonesia punya maskapai nasional dan swasta yang kuat.

“Sementara, penerbangan perintis ke daerah terpencil terus bertambah, kemudian industri logistik dan kargo pesawat juga tumbuh. Kuncinya adalah kekompakan dan kerja keras. INACA akan menjadi mitra dan berdiri bersama-sama mendukung program pemerintah,” kata Denon.

1 dari 1 halaman

Kementerian Perhubungan Bangun Konektivitas

Kementerian Perhubungan telah menetapkan berbagai proyek strategis untuk membangun konektivitas antar-wilayah di Indonesia, baik itu infrastruktur untuk angkutan darat, laut maupun udara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meneruskan berbagai program pembangunan transportasi dan perhubungan yang telah diemban selama 5 tahun terakhir.

Program konektivitas tersebut juga menjadi bagian untuk mendukung pembangunan ekonomi dan wisata baru. Semisal, pembangunan bandara di 15 lokasi serta pembangunan tujuan wisata 5 Bali baru meliputi Mandalika (Lombok), Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan ManadoBitungLikupang.

Pembangunan 5 Bali baru tersebut nantinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata di bawah kepemimpina Wishnutama Kusbandio dan Kementerian PUPR di bawah menteri Basuki Hadimuljono. [azz]

Baca juga:
Wishnutama: Birokrasi Ribet, Bikin Gemes
Tarik Wisatawan, Menparekraf Ingin Dekorasi Bandara Bernuansa Liburan
Sektor Pariwisata Bisa Jadi Tonggak Pemerintah Lawan Resesi Global
Menhub Budi Percepat Pembangunan Infrastruktur di 5 Bali Baru

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini