Imbas Demo di DPR, KCI Alami Kerugian

Selasa, 1 Oktober 2019 19:09 Reporter : Merdeka
Imbas Demo di DPR, KCI Alami Kerugian Demo pelajar di Palmerah. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Adanya demo di gedung DPR yang berujung kericuhan selama beberapa hari ini membuat sejumlah fasilitas di sekitar gedung DPR/MPR lumpuh. Salah satunya perjalanan Commuter Line atau Kereta Listrik (KRL) yang terganggu.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti‎ mengatakan, pihaknya mengalami kerugian akibat terganggunya perjalanan KRL tersebut. Padahal, dalam kondisi normal, perjalanan KRL per harinya mencapai 958.

"Kami lakukan pembatalan perjalanan kereta. Jadi misalnya contohnya di Palmerah kondisinya sudah tidak kondusif ya yang dari arah Barat seperti Rangkas, Parung, Serpong, kami berhentikan hanya sampai Kebayoran," kata Wiwik, di Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (1/10)).

Meski mengaku mengalami kerugian, Dia belum bisa mengungkapkan sebab masih melakukan pendataan. Adapun kerusakan terjadi pada fasilitas pintu masuk di stasiun, sedangkan kereta tidak ada yang mengalami kerusakan.

"Karena mungkin kepanikan para demonstrannya kena gas air mata, mereka masuk semua ke stasiun sehingga patah itu gatenya," imbuhnya.

Menurutnya, kerugian akibat kerusakan stasiun ditanggung KCI sendiri. Anak usaha PT Kereta Api Indonesia tersebut pun meningkatkan pengamanan di stasiun dengan melibatkan pasukan dari TNI.

"100 orang BKO ya bantuan Marinir ditambah dengan Polisi khusus yang dari Daop 1 dan dari pengamanan internal KCI juga ada. Tapi kalo dirasakan kurang, kami main ini saja," ‎tandasnya.

Seperti diketahui, demonstrasi massa di gedung DPR/MPR menyebabkan seluruh perjalanan KRL dari dan menuju Stasiun Tanah Abang Jakarta tidak dapat dilakukan dan dihentikan sementara. Karena sejumlah perjalanan kereta dari arah Tanah Abang dan sebaliknya belum dapat melalui lintas Palmerah.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengungkapkan, operasional perjalanan kereta tidak dapat dilakukan karena pada perlintasan Pejompongan dan perlintasan arah Stasiun Kebayoran terdapat kerumunan masyarakat dengan situasi yang tidak kondusif. Perjalanan kereta dari Maja, Serpong, Rangkasbitung menuju Tanah Abang hanya dapat dilakukan dari Stasiun Kebayoran dan sebaliknya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini