Harga Minyak Sawit Mentah Anjlok, Kini Hanya Rp8.443 per Kilogram

Selasa, 28 Juni 2022 20:35 Reporter : Idris Rusadi Putra
Harga Minyak Sawit Mentah Anjlok, Kini Hanya Rp8.443 per Kilogram Kelapa Sawit. Abdul Sani ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Harga crude palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah di dalam negeri terus turun menjadi Rp8.443 per kg pada perdagangan 28 Juni. Harga ini anjlok tajam jika dibandingkan dengan perdagangan awal bulan Juni sebesar Rp12.986 per Kg. Turunnya harga CPO karena permintaan melemah.

"Harga CPO di Sumut itu sangat jauh di bawah harga bulan-bulan sebelumnya, termasuk di awal Juni yang masi Rp12.986 per Kg," ujar Sekretaris Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Darma Sucipto, dikutip dari Antara Medan, Selasa (28/6).

Meski ada kenaikan sedikit dari perdagangan 27 Juni yang sempat Rp8.160 per Kq, harga Rp8. 443 per Kg itu jauh di bawah harga bulan-bulan sebelumnya mau pun awal Juni.

Harga rata-rata CPO di Mei masih bisa Rp13.743 per Kg dari Rp16. 454 per Kg pada April. Bahkan pada 2 Juni , harga CPO masih sebesar Rp12. 986 per Kg. Harga CPO anjlok mulai 3 Juni, tinggal Rp9. 215 per Kg dan terus turun.

"Penurunan harga dampak melemahnya permintaan CPO, turunnya harga minyak mentah dan minyak nabati lainnya," katanya.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Larangan Ekspor

Penurunan harga CPO, ujar Darma, juga diduga kebijakan larangan ekspor komoditas itu yang dilakukan Indonesia untuk mengendalikan harga minyak goreng di dalam negeri.

Ketika ekspor CPO dari Indonesia terhenti, pembeli beralih ke minyak nabati lainnya. "Ditambah pula harga minyak nabati lain dan minyak mentah juga turun , otomatis mengganggu harga CPO," katanya.

Apalagi, saat ini, diperkirakan stok minyak nabati di tangan para buyer/pembeli cukup banyak, sehingga mereka mengurangi pembelian termasuk jenis CPO, demikian Darma Sucipto.

Baca juga:
Ini Tujuan Jaksa Agung Gandeng BPKP: Audit Korupsi Sentuh Rakyat Kecil
Mendag Zulhas Minta Produsen Minyak Beli Sawit Rakyat Rp1.600 per Kg
OTK Serang Petani dan Lukai Anak-Anak di Kampar, Polisi Amankan 17 Orang
Mendag Zulkifli: Masalah Minyak Goreng Bukan karena Mafia, tapi Kenaikan Harga CPO
Harga Minyak Goreng Sudah Stabil, Petani Sawit Masih Rasakan Imbas Kelangkaan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini