Gurita Bisnis Pencetak Kekayaan Ciputra hingga Rp18 Triliun

Jumat, 29 November 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Gurita Bisnis Pencetak Kekayaan Ciputra hingga Rp18 Triliun Ciputra. ciputra.com

Merdeka.com - Pemilik Ciputra Group, Ciputra, meninggal dunia di usia 88 tahun. Ciputra meninggalkan beberapa 'warisan'. Dia membangun bisnis dalam Ciputra Group di berbagai bidang, mulai dari sektor properti, media, hingga keuangan.

Ciputra sudah membangun bisnisnya sejak 1981. Awalnya Ciputra bekerja pada PT Pembangunan Jaya, dan turut andil dalam pembangunan tempat rekreasi Taman Impian Jaya Ancol. Kemudian, Ciputra berinisiatif membangun perusahaan keluarga bernama Ciputra Group. Kini, harta kekayaan Ciputra sudah mencapai USD 1,3 miliar atau setara Rp18,32 triliun (asumsi Rp14.098 per USD), data per 26 November 2019.

Berikut jejaring bisnis Ciputra Group yang semakin kokoh hingga saat ini:

1 dari 4 halaman

Bidang Properti

Ciputra Group dikenal dengan pengembangan di bidang properti. Diketahui, Ciputra Group telah berhasil mengembangkan lebih dari 70 proyek perumahan di lebih dari 40 kota di Indonesia selama tiga dekade terakhir. Salah satunya berada di Kota Tangerang.

Seperti diketahui, Ciputra Group mulai dikenal pada tahun 1994. Kala itu, Ciputra Group memiliki perusahaan induk di bidang properti, seperti PT Ciputra Development Tbk, (CTRA), kemudian dua anak perusahaan PT Ciputra Surya TBK dan PT Ciputra Property Tbk.

Dikutip dari laman Citra Raya Tangerang, proyek di Kota Tangerang tersebut bernama Citra Raya Tangerang. Sebuah pengembangan kota terpadu terbesar oleh Ciputra Group.

Citra Raya Tangerang mulai didirikan pada 1994 yang berlokasi dikawasan Tangerang. Kota mandiri yang berdiri di lahan seluas 2760 Ha ini merupakan proyek yang dikembangkan oleh Ciputra Group.

Selain perumahan, properti yang dibangun Ciputra Group antara lain pusat perbelanjaan Ciputra World, gedung perkantoran hingga tempat rekreasi.

2 dari 4 halaman

Bidang Pendidikan

Tak hanya soal bisnis, Ciputra Group juga peduli pada pendidikan. Ciputra Group membangun sebuah universitas bernama Universitas Ciputra yang didirikan berfokus menyiapkan lulusannya untuk menjadi pengusaha. Lewat UCEC (Universitas Ciputra Entrepreneurship Center), Ciputra berhasil memberikan pelatihan kewirausahaan kepada kurang lebih 1.600 dosen.

Berkat karyanya di bidang bisnis dan kepeduliannya terhadap pendidikan bisnis, pada 2007, Ciputra dinobatkan sebagai Entrepreneur of the Year oleh Ernst & Young.

3 dari 4 halaman

Bidang Keuangan

Selain itu, Ciputra Group juga membangun perbankan. Ciputra Group sempat membangun Bank Ciputra. Namun pada 1997, saat Indonesia alami krisis ekonomi, akhirnya ditutup. Perusahaan asuransi milik Ciputra, Ciputra Allstate, juga ditutup.

Kemudian, Ciputra Group bangkit kembali. Ciputra Group kembali membangun perusahaan asuransi bernama Asuransi Ciputra Indonesia atau Ciputra Life. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Ciputra International dan PT Tunas Andalan Pratama.

4 dari 4 halaman

Bidang Media

Ciputra Group juga menjadi salah satu pemegang saham perusahaan media, seperti media Bintang, Home, dan Teen. Kemudian, di PT Tempo Inti Media Tbk, dan Harian Bisnis Indonesia. [dan]

Baca juga:
Anak Ciputra: Tidak Ada Firasat dan Pesan-pesan Terakhir dari Sang Ayah
Ciputra Group Belum Ada Rencana Rombak Susunan Komisaris
Jenazah Pengusaha Ciputra Disemayamkan di Ciputra Artpreneur
Kisah Ciputra Latih Kewirausahaan PSK

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini