Generasi Muda Berperan Strategis Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

Senin, 26 Juli 2021 11:25 Reporter : Dwi Aditya Putra
Generasi Muda Berperan Strategis Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah syariah. shutterstock

Merdeka.com - Pemerintah terus melakukan berbagai upaya pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Hal ini sebagai wujud dalam rangka pencapaian visi Indonesia sebagai 'Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia'.

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan tersebut adalah dengan meningkatkan pemahaman mengenai ekonomi dan keuangan syariah, sehingga semakin diterima baik oleh masyarakat.

Di samping itu juga dibutuhkan peran serta berbagai pihak, khususnya generasi muda yang sangat strategis dalam meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah secara luas.

"Generasi muda harus mampu memasyarakatkan pemahaman bahwa ekonomi dan keuangan Syariah adalah pilihan yang tidak saja rasional, inklusif, dan berkeadilan tapi juga sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah," ungkap Wapres Ma'ruf saat membuka acara Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) ke-20 Tahun 2021 Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres di Jl. Diponegoro, Jakarta, Senin (26/7).

Menurut Wapres, salah satu faktor fundamental yang menentukan keberhasilan upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah adalah upaya peningkatan literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah. Karena semakin tinggi literasi ekonomi dan keuangan syariah pada masyarakat maka akan semakin tinggi pula penggunaan barang dan jasa yang halal dan sesuai syariah oleh masyarakat.

"Pada gilirannya hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah secara berkelanjutan," jelasnya.

Wapres Ma'ruf menyampaikan, bahwa berdasarkan survei Bank Indonesia (BI) tahun 2020, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional masih sebesar 16,2 persen. Untuk itu, diperlukan kerja keras dalam peningkatan literasi masyarakat baik melalui edukasi akademik maupun sosialisasi, serta mengedepankan kolaborasi berbagai pihak dengan pemanfaatan teknologi digital, khususnya di tengah situasi pandemi saat ini.

Baca Selanjutnya: Kinerja Ekonomi Syariah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini