Gencarkan Transaksi Syariah, Bank Syariah Mandiri Gandeng e-Commerce Tokopedia

Senin, 1 Juli 2019 16:56 Reporter : Syakur Usman
Gencarkan Transaksi Syariah, Bank Syariah Mandiri Gandeng e-Commerce Tokopedia Kerja sama Mandiri Syariah dengan BPJPH Kementerian Agama dan Tokopedia. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) terus meningkatkan layanan digitalnya dengan melakukan kerja sama di bidang Jaminan Produk Halal dan Pengembangan E-Commerce Syariah.

Kerja sama tersebut dilakoni Mandiri Syariah dengan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI dan e-commerce Tokopedia, yang penandatangan kerja sama tersebut diteken di Kantor Pusat Mandiri Syariah, akhir pekan lalu (28/6). Penandatanganan kerja sama ini turut dihadiri oleh Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Toni Eko Boy Subari.

Achmad Syafi, Direktur Mandiri Syariah, mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi masyarakat bertransaksi secara online melalui Mandiri Syariah.

"Kami memahami tingginya kebutuhan masyarakat bertransaksi digital. Setelah nasabah dapat menggunakan virtual account Mandiri Syariah saat bertransaksi di Tokopedia, kini nasabah akan semakin mudah dan nyaman bertransaksi Tokopedia melalui Mandiri Syariah Mobile," ujar Syafii.

Dia menjelaskan, kerja sama dengan BPJPH akan memudahkan perusahaan e-commerce mendapatkan sertifikasi halal. Hal ini tentu akan membuat nasabah menjadi lebih tenang bertransaksi. Kami juga berterima kasih atas dukungan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dalam meningkatkan perekonomian syariah, termasuk ekosistem halal dalam dunia digital di Indonesia.

Per Mei tahun ini, nilai transaksi digital Mandiri Syariah mencapai Rp 38,2 triliun dengan volume 36,2 juta transaksi.

"Kami akan terus memperluas layanan digital sesuai dengan kebutuhan nasabah. Semoga apa yang kami lakukan dapat meningkatkan ekosistem halal di era digital dan jadi berkah untuk semua," ucap Syafii.

©2019 Merdeka.com

Transaksi syariah dan ekosistem halal

Sebelum penandatangan tersebut, digelar talkshow dengan topik "Transaksi Syariah untuk Kemajuan Ekosistem Halal".

Bincang-bincang menarik ini menghadirkan para narasumber. seperti Prof Ir Sukoso MSc PhD, Kepala BPJPH Kementerian Agama RI; Garri Juanda, Head of Tokopedia Syariah; dan Achmad Syafii, Direktur Mandiri Syariah. Yang dipandu oleh moderator; Riko Wardhana, Head of Digital Banking Mandiri Syariah.

Garry Juanda, Head of Tokopedia Syariah, menjelaskan selama hampir 10 tahun beroperasi di Indonesia, Tokopedia telah mencatat banyak pencapaian penting. Setiap tahun Tokopedia bisa tumbuh 2-3 kali lipat, karena penetrasi internet di Indonesia semakin tinggi dan harga jual laptop semakin murah.

Saat ini Tokopedia memiliki 90 juta pengguna akif per bulan. Jumlah penjual yang menggunakan platform ini sebanyak 5,8 juta yang sebagian besar (70 persen) adalah first time entrepreneur, seperti ibu rumah tangga.

Prinsip Tokopedia, lanjutnya, Building the bridge, not wall. Maka itu, Tokopedia merasa berkepentingan menyiapkan ekosistem halal, karena banyak sekali produk-produk yang dijual di platformnya adalah produk halal.

"Salah satu upaya menyiapkan ekosistem halal di Tokopedia adalah menyediakan transaksi syariah bersama Mandiri Syariah. Jadi Mandiri Syariah menjadi payment method di Tokopedia sekarang," pungkasnya. [sya]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini