Gelar IBEX, Perbanas Harap Kontribusi Sektor Keuangan Naik

Senin, 4 November 2019 17:51 Reporter : Merdeka
Gelar IBEX, Perbanas Harap Kontribusi Sektor Keuangan Naik Konpers Indonesia Banking Expo 2019. ©2019 Liputan6.com/Tommy Kurnia

Merdeka.com - Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) akan kembali menggelar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019, Rabu, 6 November 2019 di Hotel Fairmont. Bila November lalu acara ini mengambil satu tema yakni keuangan digital, kini IBEX menjadi ajang sektor keuangan untuk saling berkonsolidasi agar maju bersama.

Ketua Steering Committee IBEX 2019 Ahmad Siddik Badruddin berharap ajang ini bisa memasang target-target tertentu untuk meningkatkan kolaborasi sektor keuangan. Jika itu berhasil maka kontribusi sektor keuangan ke GDP bisa meningkat.

"Supaya at the end of the day tidak perlu ada kompetisi di antara berbagai industri keuangan, karena semua masing-masing punya porsinya dan kita harus kerja sama dengan baik. Jadi supaya sumbangan industri keuangan ke dalam GDP bisa diangkat lebih besar lagi karena boleh dibilang sumbangannya mungkin masih rendah daripada industri keuangan ke GDP dibandingkan negara lain," ujarnya pada konferensi pers IBEX 2019, Senin (4/11) di Jakarta.

Saat ini, Ahmad menyebut sumbangan sektor keuangan ke GDP Indonesia ada di kisaran 40 persen. Untuk GDP kuartal akhir 2019, dia percaya hasilnya akan sesuai dengan ekspektasi pemerintah.

IBEX 2019 juga bertujuan menghasilkan pokok-pokok pemikiran dari beragam Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan sebelumnya. Pokok-pokok pemikiran itu pun akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo yang rencananya akan hadir.

"Sebelum IBEX kita ada FGD, pada saat IBEX kita berikan pokok-pokok pemikiran tersebut kepada Jokowi, setelah IBEX mungkin dalam tiga-empat minggu kemudian kita akan selesaikan detail dari pokok pemikiran itu dalam bentuk buku," jelas Ahmad.

Berikutnya, akan ada penyusunan target untuk realisasi pokok-pokok pemikiran hasil FGD agar tercapai sesuai timeline, serta menyesuaikan siapa stakeholder yang harus terlibat agar pada akhirnya mendongkrak sumbangan PDB ke sektor keuangan.

Baca Selanjutnya: IBEX Bakal Gandeng Asuransi dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini