Fakta-fakta 50 Orang Terkaya Indonesia 2018 Bikin Geleng-geleng

Jumat, 14 Desember 2018 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Fakta-fakta 50 Orang Terkaya Indonesia 2018 Bikin Geleng-geleng ilustrasi orang terkaya. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia sepanjang 2018. Kekayaan bersih 50 orang terkaya ini, mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar, naik USD 3 miliar dibanding tahun lalu.

Peringkat pertama daftar tersebut ditempati oleh R. Budi and Michael Hartono dengan total kekayaan USD 35 miliar. Kedua, ditempati oleh Susilo Wonowidjojo dengan kekayaan USD 9,2 miliar.

"Ketiga ditempati oleh Eka Tjipta Widjaja dengan kekayaan USD 8,6 miliar. Keempat, oleh Sri Prakash Lohia dengan kekayaan 7,5 miliar. Lalu kelima oleh Anthoni Salim kekayaan USD 5,3 miliar," demikian dikutip dari keterangan resmi Forbes.

Daftar 50 orang terkaya versi Forbes disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang didapatkan dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis. Nilai aset yang dicantumkan mencakup kekayaan individu dan keluarga, termasuk kekayaan bersama antara pendiri perusahaan dan kerabat keluarga terdekat.

Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah fakta para orang terkaya Indonesia tahun ini.

1 dari 5 halaman

Setengah Orang Terkaya RI Kehilangan Kekayaan Akibat Rupiah Melemah

Ilustrasi orang kaya. ©Giphy

Setengah dari daftar nama yang masuk dalam Forbes Indonesia Rich List, ternyata mengalami penurunan kekayaan akibat pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Selain pelemahan nilai tukar Rupiah, kekayaan miliuner Indonesia juga tergerus dengan harga saham yang semakin lesu.

"Setengah dari daftar nama yang masuk dalam Forbes Indonesia Rich List mengalami penurunan kekayaan akibat pelemahan nilai tukar Rupiah sebesar 5 persen terhadap Dollar Amerika dan juga harga saham yang lesu," demikian dikutip keterangan resmi Forbes.

2 dari 5 halaman

Gara-gara Taksi Online, Pemilik Blue Bird Tersingkir Dari Daftar

Ilustrasi taksi online. ©2017 Merdeka.com

Forbes mencatat sebanyak 5 orang keluar dari daftar 50 orang terkaya Indonesia. Salah satunya adalah Purnomo Prawiro.

Purnomo Prawiro merupakan pengusaha pemilik Blue Bird. Perusahaan yang berdiri sejak 1972 ini, diketahui mengalami penurunan saham hingga 25 persen sepanjang 2018.

"Purnomo Prawiro termasuk salah satu dari lima orang yang keluar dari daftar Rich List tahun ini karena harga saham perusahaan taksi milik keluarganya, Blue Bird, jatuh lebih dari 25 persen," demikian dikutip keterangan resmi Forbes.

Penurunan saham Blue Bird ditengarai munculnya perusahaan taksi online seperti Grab dan Go-Car milik Go-Jek. "Saham Blue Bird jatuh lebih dari 25 persen di tengah kompetisi ketat dengan perusahaan taksi online seperti Grab."

3 dari 5 halaman

Sumber Kekayaan Para Pendatang Baru Dalam Daftar

Orang terkaya di Indonesia. ©2014 Merdeka.com

Ada 4 orang pendatang baru dalam daftar 50 orang terkaya versi Forbes. 4 Orang pendatang baru ini berhasil mengumpulkan kekayaan karena kenaikan harga saham yang dimiliki.

Adapun keempat miliarder baru tersebut, pertama Danny Nugroho menempati urutan ke-38 dengan kekayaan USD 790 juta. Masuk menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia setelah harga sahamnya pada perusahaan keuangan dan asuransi Capital Finance Indonesia melonjak hampir dua kali lipat.

Begitu pula dengan pengembang properti Benny Tjokrosaputro menduduki urutan ke-43 dengan kekayaan USD 670 juta yang berhasil masuk dalam daftar berkat IPO dari perusahaan travel Sinergi Megah Internusa pada Juli lalu di Bursa Efek Indonesia.

"Benny memiliki hampir 84 persen saham di perusahaan yang juga mengelola Lafayette Boutique Hotel di Yogyakarta, yang bernilai sekitar USD 225 juta per akhir November," tulis Forbes.

Beberapa pendatang baru lainnya adalah Sabana Prawiradjaja menempati urutan ke-47 dengan kekayaan 640 juta merupakan pendiri Ultrajaya Milk Industry, salah satu produsen produk susu terbesar di Indonesia.

Kemudian, Kardja Rahardjo urutan ke-48, dengan kekayaan total USD 625 juta. Kardja merupakan pemimpin Pelayaran Tamarin Samudra.

4 dari 5 halaman

Kekayaan 50 Orang Terkaya Samai Penerimaan Indonesia

rupiah. shutterstock

Forbes Indonesia mencatat aset bersih 50 orang terkaya Indonesia tahun ini mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau setara Rp 1.870 triliun (Rp 14.501 per USD). Angka ini nyaris menyamai penerimaan Indonesia yang saat ini tercatat sudah mencapai Rp 1.936 triliun.

Nilai aset 50 orang terkaya tahun ini naik USD 3 miliar jika dibandingkan dengan pencatatan perolehan aset dari tahun lalu sebesar USD 126 miliar. "Ini ditunjang pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pasar modal setahun terakhir yang tumbuh sebesar 4,4 persen," demikian dikutip dari keterangan resmi Forbes.

5 dari 5 halaman

Pemilik BCA Menjadi Orang Kaya 10 Tahun Berturut-turut

Michael Hartono. ©2014 Merdeka.com

Forbes juga mencatat, enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu. Salah satunya termasuk Hartono bersaudara yang sudah menempati peringkat terkaya selama 10 tahun terakhir.

Tahun ini, total kekayaan Hartono bersaudara tercatat sebesar USD 35 miliar. Di mana sekitar 70 persen dari total kekayaan ini berasal dari Bank Central Asia. Sementara itu, Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua dengan kekayaan sebesar USD 9,2 miliar akibat meningkatnya harga saham perusahaan rokok Gudang Garam.

Selain dua miliarder tersebut, turun ke peringkat ketiga adalah pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, yang tahun ini kekayaannya berkurang sebesar USD 500 juta menjadi USD 8,6 miliar.

Sri Prakash Lohia naik menjadi orang terkaya keempat dengan total kekayaan sebesar USD 7,5 miliar seiring dengan peningkatan nilai saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang terdaftar di bursa Thailand. "Sedangkan Anthoni Salim turun ke peringkat lima karena kekayaannya turun sebanyak USD 1,6 miliar menjadi USD 5,3 miliar."

  [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini