ENI Lepas 20 Persen Hak Partisipasi di Blok East Sepinggan

Kamis, 19 September 2019 20:13 Reporter : Merdeka
ENI Lepas 20 Persen Hak Partisipasi di Blok East Sepinggan Ilustrasi Migas. istimewa ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - ENI melepas 20 saham hak partisipasi (Participating Interst/PI) di Blok East Sepinggan. Pelepasan hak partisipasi di Blok East Sepinggan dilakukan secara bisnis, setelah melaporkan ke SKK Migas.

"Dia (ENI) cuma laporan saja bahwa sudah melepas (sebagian saham). Itu B to B, jadi kami tidak ikut campur,"‎ kata Wakil Kepal Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fatar Yani Abdurrahman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/9).

ENI melepas 20 persen hak partisipasinya ke Neptune Energy East Sepinggan BV anak usaha Neptune Energi Group Limited‎. Porsi awal saham ENI ‎di East Sepinggan Ltd sebesar 85 persen kemudian setelah di lepas menjadi 65 persen, sementara mitra lainnya PT Pertamina Hulu Energi memegang hak partisipasi 15 persen.

Dikutip dari situs resmi ENI, ‎pelepasan 20 persen hak partisipasi ENI di East Sepinggan merupakan aksi korporasi, untuk pengembangan Lapangan Merakes dengan Lapangan Jangkrik.

Direktur Utama ENI Claudio Descalzi‎ mengungkapkan, keputusan‎ ini sesuai dengan strategi unik ENI, yakni dual exploration model atau monetisasi lebih awal dari hasil eksplorasi untuk mengoptimalkan rantai pasok dan mengurangi biaya. Sehingga, ENI beroperasi secara berbeda, yakni dengan transaksi tunai, barang, atau pertukaran, yang sudah berjalan baik dan didukung hasil eksplorasi yang cukup bagus.

"Terkait (pelepasan saham) Merakes, kami tidak bicara dampaknya. Jelas, dampaknya adalah pengurangan modal belanja dalam pengembangan proyek di masa depan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini