Bos BNI siap wujudkan holding BUMN Perbankan tahun depan

Rabu, 20 September 2017 18:44 Reporter : Siti Nur Azzura
Bos BNI siap wujudkan holding BUMN Perbankan tahun depan Bank BNI. merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan holding BUMN tambang dan minyak dan gas (migas) bisa diselesaikan tahun ini. Sedangkan di tahun depan, pihaknya menargetkan sejumlah holding BUMN bisa diselesaikan, yaitu di bidang perbankan, konstruksi, jalan tol, dan perumahan.

Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI), Achmad Baiquni mengatakan, pihaknya siap menyelesaikan holding perbankan di tahun 2018. Sebab, Bank BNI bersama bank BUMN lainnya sudah melakukan persiapan sesuai dengan arahan Menteri BUMN.

"Kita ada time framenya dalam rangka persiapan holding dan kita lakukan terus di bawah koordinasi dari kementerian BUMN. Apa yang sudah disampaikan oleh ibu Rini itu sebenarnya juga yang kita lakukan," kata Baiquni di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (20/9).

Menurutnya, holding ini sangat penting karena memiliki berbagai manfaat, seperti menghemat biaya produksi. Dengan adanya holding perbankan, maka bank BUMN bisa menghemat biaya untuk atm bersama dan electronic data capture (EDC).

"Kedua, kalau bank ingin menghimpun dana bank bisa melakukan secara sendiri sendiri sekarang. Tapi kalau itu dilakukan holding dalam jumlah cukup besar itu akan mempengaruhi pricing dari pada dana tersebut," imbuhnya.

Selain itu, Baiquni juga berharap holding BUMN perbankan bisa masuk 10 bank terbesar di Asia. "Tujuan holding kita ingin jadi pemain di regional dan pada saat itu kita posisi berapa tentu kita ingin di angka paling tidak 10 besar se-Asia," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini